Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Siaran Pers

BNI Tetap Paling Piawai Dalam Cash Management

Hong Kong, 21 September 201 6 - Survei yang dilakukan AsiaMoney kembali memberikan penghargaan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai bank yang dapat memberikan layanan Cash Management terbaik di Indonesia. Pengakuan ini memposisikan BNI sebagai bank terbaik di Indonesia dalam memberikan layanan cash management yang fokus pada efisiensi maksimal di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan.

Perusahaan besar dan sedang di Indonesia yang berkesempatan mengikuti survei AsiaMoney tersebut menilai BNI sebagai bank penyedia layanan Cash Management yang mampu menyediakan produk pengelolaan uang paling efisien. Efisiensi menjadi indikator penting bagi pelaku usaha di Indonesia dalam mengelola keuangannya sebagai upaya untuk memenangkan kompetisi dan bertahan dari kondisi perekonomian yang dinamis.

Melalui hasil survei AsiaMoney tersebut, BNI berhak mempertahankan gelar sebagai bank dengan layanan Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Large Corporates, Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Medium Corporates dan 2nd Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Small Companies BNI mempertahankan penghargaan ini sejak tahun 2010. Penghargaan ini diserahkan kepada Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto di Hong Kong, Rabu (21/9/2016).

Menurut Suprajarto, para pelaku usaha di Indonesia semakin menyadari bahwa kondisi perekonomian dapat bergerak cepat atau melambat. Kondisi perekonomian yang dinamis tersebut perlu disikapi dengan menekan biaya di berbagai aspek yang memungkinkan, salah satunya adalah melalui penggunaan produk-produk Cash Management yang memberikan efisiensi biaya paling maksimal.

BNI menilai setiap klien menghadapi tantangan berbeda-beda, dimana perusahaan kecil sangat membutuhkan efisiensi pada operasionalnya, meningkatkan imbal hasil usahanya, dan memaksimalkan penggunaan uang tunai dan modal kerja mereka. Sementara bagi perusahaan medium dan besar cenderung berusaha mengelola jaringan pendukung usahanya, terutama dari para pemasoknya. Penghargaan untuk BNI sebagai Best Local Cash Management Bank in Indonesia tahun 2016 ini tidak terlepas dari kemampuan BNI dalam memberikan produk Cash Management yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap kliennya yang berbeda-beda.

Dengan penghargaan tersebut, BNI semakin percaya diri untuk memperkuat layanan Cash Management tersebut demi peningkatan layanan pada nasabah. Sebagai informasi, hingga 31 Agustus 2016, rekening giro institusi yang dikelola BNI mencapai saldo Rp 90 triliun atau naik 7 persen di atas perolehan pada periode yang sama tahun 2015.

Kepercayaan terhadap layanan Cash Management BNI juga semakin meningkat dengan tumbuhnya jumlah rekening nasabah pengguna fasilitas itu. Per 31 Agustus 2016, jumlah rekening institusi yang mempercayakan dananya dalam layanan Cash Management BNI mencapai 243 ribu rekening, atau meningkat 15 persen dibandingkan jumlah per 31 Agustus 2015, yang mencapai 211 ribu rekening perusahaan/ institusi.

BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management karena terus meragamkan fitur-fitur unggulannya. Fitur layanan Cash Management BNI antara lain BNIDirect (Internet Banking), Solusi Pembayaran yang terintegrasi (Integrated Payment Solution), Virtual Account, Corporate Billing, Account Pooling, dan Supply Chain Management, serta BNI e-Tax yang menjadi salah satu unggulan yang paling diminati nasabah dimana memberikan kemudahan, kecepatan proses, dan pengendalian terhadap pembayaran pajak, dan saat ini telah dikembangkan lebih lanjut dengan pembayaran pajak MPN Generasi 2.

Tentang survei
Majalah AsiaMoney beredar di sekitar 8.000 pelanggan di Asia. Distribusinya hanya terbatas pada pelanggan terdaftar, bukan pada pembaca umum atau yang biasa membeli surat kabar di agen koran atau majalah.

AsiaMoney menyelenggarakan survei khusus untuk menggali informasi terkait industri layanan Cash Management terkini. Survei ini melibatkan 1.493 lembaga keuangan dan 9.854 responden yang dianggap valid dari 9.028 perusahaan, sehingga menjadi yang terbesar dilakukan oleh sebuah majalah di kawasan Asia Pasific. Survei ini sendiri dilakukan dengan menggali pendapat responden dan bukan menilai institusi perbankan secara tidak langsung melalui pemberitaan media massa.

Survei ini ditekankan pada penggalian persepsi nasabah tentang bank yang dinilai memberikan layanan Cash Management paling membantu, memiliki sistem yang unggul dimana tergambar dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam survey tersebut, diantaranya mengenai inovasi yang dilakukan oleh bank, solusi yang terbaik dan unggul dan termasuk layanan purna jual atau after sales services.

Survei ini antara lain melibatkan 800 nasabah BNI yang memiliki rekening di lebih dari satu bank nasional. Berikutnya, AsiaMoney memilih secara acak sebagian dari 800 nasabah tersebut tanpa sepengetahuan BNI sendiri. Metodologi survei seperti itu membuat hasilnya fair dan murni , karena bank yang akan dinilai, tidak ikut dilibatkan.

Respon nasabah dalam memberikan survey tersebut meningkat. Di Indonesia sendiri terdapat 800 perusahaan yang memberikan kontribusi dalam survey ini. Dari hasil survey terungkap faktor-faktor yang menjadi pertimbangan utama para nasabah untuk memilih bank yang mengelola dananya dalam layanan Cash Management. Lima faktor utama yang menjadi pertimbangan nasabah lembaga keuangan adalah (1) keunggulan dari kemampuan melakukan integrasi dengan sistem akuntansi perusahaan, (2) solusi yang inovatif, (3) kualitas layanan nasabah, (4) biaya yang kompetitif, (5) keamanan, efisiensi transfer dana, dan sistem penanganan situasi darurat. Atas pertimbangan inilah BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp.021-5728387, Email: bni@bni.co.id

Hong Kong, 21 September 2016 - Surveys conducted by AsiaMoney recognized PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) as the best cash management service provider in Indonesia for its focus on maximum efficiency in the midst of challenging economic conditions.

Large and medium companies in Indonesia who had the opportunity to participate in AsiaMoney survey determined BNI as a cash management service provider most capable of providing the most efficient money management. Efficiency is an important indicator for businesses in Indonesia in managing its finances to win the competition and survive conditions of a dynamic economy.

Thanks to AsiaMoney survey results, BNI is entitled to retain the title as Best Local Cash Management Bank in Indonesia as Voted by Large Corporates, Best Local Cash Management Bank in Indonesia as Voted by Medium Corporates, and 2nd Best Local Cash Management Bank in Indonesia as Voted by Small Companies. BNI has maintained this award since 2010. The award was handed over to BNI Deputy Director Suprajarto in Hong Kong, Wednesday (21/09/2016).

According to Suprajarto, businesses in Indonesia increasingly recognize the fluctuations of the country’s economy. Dynamic economic conditions need to be addressed to reduce costs in as many aspects as possible, one of which is through the use of Cash Management products that provide maximum cost efficiency.

BNI acknowledges the different challenges each client faces. For example, small companies require operational efficiency, improvement of yields in its business, and maximization of cash usage and working capital. Medium and large companies tend to try to manage their business support networks, especially from suppliers. BNI’s award for Best Local Cash Management Bank in Indonesia in 2016 cannot be separated from BNI's ability to provide cash management products tailored to the different needs of each client.

With the award, BNI feels more confident in strengthening its cash management services and improving its customer service. Up to August 31, 2016, BNI-operated current account institutions have reached Rp 90 trillion, up 7% over the acquisition in the same 2015 period.

Confidence in Cash Management services also increased with the growing number of customer accounts using the facility. As of August 31, 2016, the number of institutions entrusting their funds in BNI cash management reached 243,000, an increase of 15% compared to 211,000 company/institution accounts per August 31, 2015.

BNI continues to rank the highest in terms of cash management services due to continuous diversification of its superior features. BNI Cash Management services features include BNIDirect (Internet Banking), Integrated Payment Solution, Virtual Account, Corporate Billing, Account Pooling, and Supply Chain Management. Not to mention BNI e-Tax, one of the most popular products among customers looking for convenience, speedy processes, and control of tax payments. The product has now been developed further with MPN Generation 2 tax payments.

About the survey

AsiaMoney magazine reached 8,000 circulations in Asia. Its distribution is limited to registered customers, not general readers or customers purchasing newspaper or magazine at a newsagent.

AsiaMoney held a special survey to gather information related to current cash management services industry. The survey of 1,493 financial institutions and 9,854 valid respondents from 9,028 companies, making it the largest survey conducted by a magazine in the Asia Pacific region. The survey itself is conducted by gathering opinions directly from respondents, not by assessing banking institutions indirectly through mass media reporting.

The survey focused on customer perception of the bank considered to provide the most helpful cash management services, possess a superior system reflected in the questions posed in the survey, innovations made by the bank, as well as its best solutions, including sales services or after sales services.

The survey involved 800 BNI customers with accounts in more than one national bank. Next, AsiaMoney randomly selected a portion of the 800 customers without BNI’s knowledge. The survey methodology aimed for fair and untainted results, by excluding the bank from participating in the process.

Customer response in providing the survey also increased. In Indonesia alone, 800 companies contributed in the survey. Results of the survey revealed factors making key considerations for bank customers in selecting institutions to manage their funds through cash management services. The five major considerations are: (1) the ability to integrate with the company's accounting system, (2) innovative solutions, (3) quality of customer service, (4) a competitive cost, and (5) safety and efficiency of fund transfer, as well as emergency situation handling system. Based on these considerations, BNI is considered to not only fulfill the requirements, but excel in all five categories.

For more information, please contact :

Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp : 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

Related