Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

BNI ESG

Environmental, Social, Governance

BNI ESG

Diving

Sebagai salah satu Bank yang menjadi motor penggerak pelaksana Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) di Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (“BNI”) terus menggalang energi dari seluruh insan BNI untuk berada di garda terdepan penerapan keuangan berkelanjutan. Kami percaya bahwa apa yang kami lakukan adalah sejalan dan mendukung pembangunan berkelanjutan, di samping meningkatkan daya tahan dan daya saing BNI.

Komitmen BNI dalam keberlanjutan ditandai dengan penerapan keuangan berkelanjutan (sustainable finance) sebagai payung nilai-nilai (values), sikap dan budaya kerja, strategi Perusahaan, kebijakan operasional serta sistem dan prosedur operasional Perusahaan. Selain itu, kami pun terus mencari peluang kerja sama dengan berbagai pihak, untuk bersama BNI menyatukan energi demi keberlanjutan bumi berserta segenap isinya.

Berkebun

Menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan merupakan Visi BNI dan didukung oleh Misi BNI yang sejalan dengan Keuangan Berkelanjutan. BNI senantiasa mengembangkan Perusahaan berdasarkan Lima Pilar Keberlanjutan, yaitu BNI untuk Indonesia, BNI untuk Nasabah, BNI untuk Pegawai, BNI untuk Masyarakat, dan BNI untuk Lingkungan Hidup.

Per Juni 2021, BNI memiliki investasi pada portfolio hijau sebesar Rp 139.4 Triliun atau 24.5% dari total penyaluran kredit BNI, terdiri dari kredit yang disalurkan ke sektor-sektor yang memenuhi Kriteria Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) termasuk di dalamnya adalah pemberdayaan sosial ekonomi, pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, energi terbarukan, efisiensi pencegahan polusi energi dan pengelolaan air dan limbah yang sejalan dengan aspek keberlanjutan.

Mangrove

BNI berupaya menyediakan produk dan layanan yang berdampak baik bagi kelestarian lingkungan. Saat ini BNI memiliki 3,243 unit ATM yang dilengkapi layanan suara untuk membantu nasabah berkebutuhan khusus, mempromosikan program dukungan inklusi keuangan melalui agen perbankan (Agen46), serta meningkatkan intensitas pengembangan digital untuk memperkuat moto #BNItuDigital.

Selama masa pandemi yang sedang kita hadapi, BNI telah melakukan distribusi bantuan ke berbagai penjuru Indonesia demi turut meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19. BNI fokus menjalankan bisnis ramah lingkungan dengan memperhatikan penggunaan material, energi dan air, dan penanganan emisi dan limbah. BNI juga senantiasa meningkatkan kesadaran pegawai terkait isu lingkungan, serta menyediakan pelatihan yang memperhatikan aspek lingkungan dan sosial.


PENCAPAIAN

BNI Berbagi

Rating A dari MSCI ESG ( 22 November 2021 ).

BNI Berbagi

Medium ESG Risk Rating dari Sustainalytics (4 Maret 2021).

BNI Berbagi

BUMN Terbaik dalam IICD Corporate Governance Award ke-12 (31 Mei 2021).

 
BNI Berbagi

Bagian dari SRI-KEHATI Index.

BNI Berbagi

Bagian dari IDX ESG LEADERS Index.

 

KEGIATAN

BNI Berbagi

BNI Berbagi



Sebagai kontribusi dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI) mengadakan Swab Test Covid-19 gratis untuk 30.000 peserta di seluruh Indonesia melalui program BNI Berbagi.

The 12th Indonesian Institute for Corporate Governance (IICD) 2021

The 12th Indonesian Institute for Corporate Governance (IICD) 2021

The 12th Indonesian Institute for Corporate Governance pada tahun 2021 kembali memberikan peringkat the Most Trusted Company dalam pelaksanaan Good Corporate Governance berdasarkan asesmen bertema “Membangun Keunggulan Bersaing dalam kerangka GCG”. BBNI berhasil mempertahan predikat the most trusted company sejak tahun 2012.

Ayo Menabung Sampah

Ayo Menabung Sampah



Melalui program Ayo Menabung dengan Sampah, masyarakat umum dan siswa diajak untuk memilah sampah, menyetorkannya pada Bank Sampah, untuk kemudian ditukar dengan tabungan BNI.

ATM Disabilitas

ATM Disabilitas


BNI menyediakan layanan untuk penyandang disabilitas. Fasilitas khusus bisa digunakan nasabah difabel untuk membantu bertransaksi. Kedepannya BNI akan mempersiapkan lebih banyak lagi ATM Khusus Disabilitas.

Agen46

Agen46


Agen46 adalah mitra BNI (perorangan atau badan hukum yang telah bekerjasama dengan BNI) untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat (Layanan Laku Pandai, Layanan LKD dan Layanan e-Payment).

Rehabilitasi Lahan Kritis

Rehabilitasi Lahan Kritis


Menyadari pentingnya peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui penghijauan, BNI bekerja sama dengan masyarakat untuk melakukan rehabilitasi lahan kritis dan membangun ekosistem hutan organik di desa Megamendung, Kabupaten Bogor. BNI melakukan penanaman pohon di lahan seluas 10 hektar dari total 27 hektar lahan hutan organik.


VIDEO PROFIL ESG