Chat With Us
|
Beranda
Berita
Pengumuman
Info Pengkinian Data
Info Kartu Kredit
Produk
Informasi Kartu Kredit BNI
Produk Kartu Kredit BNI
Kartu Kredit Digital BNI
Aktivasi dan Permintaan PIN
Informasi Biaya dan Perhitungan Bunga
Persyaratan
Pembayaran
Edukatips
Syarat dan Ketentuan
Risiko Nasabah Kartu Kredit BNI
Pemberitahuan Privasi
Layanan & Fasilitas
Layanan
BNI Installment
BNI Rewards Point
BNI Dana Tunai
Transaksi di ATM BNI
BNI Kartu Kredit Contactless
Fasilitas
BNI Apply Credit Card
BNI Credit Card Mobile
BNI Layanan Mobile
BNI Bill Payment
BNI Airport Executive Lounge
BNI E-Billing
BNI PerisaiPlus & Perlindungan Bebas Premi
BNI TeleTravel
BNI 3D Secure
Promosi
Kontak
BNI Call
Hubungi Kami
|
X
Beranda
Berita
Pengumuman
Info Pengkinian Data
Info Kartu Kredit
Produk
Informasi Kartu Kredit BNI
Produk Kartu Kredit BNI
Kartu Kredit Digital BNI
Aktivasi dan Permintaan PIN
Informasi Biaya dan Perhitungan Bunga
Persyaratan
Pembayaran
Edukatips
Syarat dan Ketentuan
Risiko Nasabah Kartu Kredit BNI
Pemberitahuan Privasi
Layanan & Fasilitas
Layanan
BNI Installment
BNI Rewards Point
BNI Dana Tunai
Transaksi di ATM BNI
BNI Kartu Kredit Contactless
Fasilitas
BNI Apply Credit Card
BNI Credit Card Mobile
BNI Layanan Mobile
BNI Bill Payment
BNI Airport Executive Lounge
BNI E-Billing
BNI PerisaiPlus & Perlindungan Bebas Premi
BNI TeleTravel
BNI 3D Secure
Promosi
Kontak
BNI Call
Hubungi Kami
BNI Bill Payment
Layanan & Fasilitas
/
Fasilitas
/
BNI Bill Payment
Layanan
BNI Installment
BNI Rewards Point
BNI Dana Tunai
Transaksi di ATM BNI
BNI Kartu Kredit Contactless
Fasilitas
BNI Apply Credit Card
BNI Credit Card Mobile
BNI Layanan Mobile
BNI Bill Payment
BNI Airport Executive Lounge
BNI E-Billing
BNI PerisaiPlus & Perlindungan Bebas Premi
BNI TeleTravel
BNI 3D Secure
BNI Bill Payment
A. Fitur Bill Payment
Layanan BNI
bill payment
. Bayar tagihan berlangganan rutin bulanan kamu dengan BNI
bill payment
agar lebih
SMART
dan dapat
Reward
lebih, mulai dari tagihan listrik, air, telepon, ponsel pascabayar, internet, TV berbayar atau pun asuransi.
Keuntungan Utama :
SMART Reward
.
Simpel
: gak perlu capek antri untuk transfer uang atau pergi ke loket pembayaran.
Mudah
: daftar autodebet gampang banget dan gak ribet.
Andal
: gak perlu pusing mikirin kapan harus bayar tagihan, karena kamu bisa andalkan autodebet.
Ringkas dan Ringan
: semua tagihan terangkum dalam satu lembar tagihan Kartu Kredit sehingga kamu hanya perlu mengingat satu tanggal tagihan aja dan biaya administrasinya ringan banget.
Tepat waktu
: bayar otomatis di debet sesuai tanggal jatuh tempo.
Reward
: kamu tetap dapet BNI reward point.
Biaya Administrasi. Biaya administrasi untuk semua jenis
bill payment
sebesar Rp 5.000,- pertransaksi atau perpendebetan (biaya dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan kepada pemegang kartu melalui sarana yang ditentukan BNI).
Perlu Diketahui :
Tanggal
cut off
untuk permintaan pendaftaran fasilitas BNI Bill Payment adalah sebelum tanggal 25 pada suatu bulan, dimana BNI akan mulai memproses dan membukukan tagihan pelayanan mulai 1 (satu) bulan berikutnya. Jika request pendaftaran dilakukan setelah atau pada tanggal cut off tersebut, maka BNI akan mulai memproses dan membukukan tagihan pelayanan mulai 2 (dua) bulan berikutnya.
Tanggal cut off untuk permintaan penutupan fasilitas BNI Bill Payment adalah sebelum tanggal 25 pada suatu bulan, dimana BNI akan mulai memberhentikan proses tagihan pelayanan mulai 1 (satu) bulan berikutnya. Jika request penutupan dilakukan setelah atau pada tanggal cut off tersebut, maka BNI akan mulai memberhentikan proses tagihan pelayanan mulai 2 (dua) bulan berikutnya.
Jika tanggal-tanggal cut off di atas jatuh pada hari libur (Sabtu, Minggu atau Hari libur nasional), maka tanggal cut off maju ke hari kerja sebelumnya.
Cara Pendaftaran :
Autodebet
bill payment
, lewat aplikasi BNI Mobile Banking di menu My Credit Card.
Autodebet
bill payment
, lewat aplikasi BNI Credit Card Mobile.
Autodebet
bill payment
, dengan menghubungi
BNI Call 1500046
.
Autodebet
recurring
, dengan menghubungi Provider/Biller.
B. Tutorial Pengajuan Bill Payment di BNI Mobile Banking
C. Provider/Biller BNI Bill Payment
Autodebet bill payment :
Air : Aetra.
Listrik : PLN.
Telkom : Telkom Indonesia.
Ponsel pascabayar : Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren, Telkomsel, XL.
TV Kabel/Satelit : First Media, MNC Vision.
Internet : IndiHome.
Asuransi : BPJS Kesehatan.
D. Ketentuan Umum Bill Payment
Pendaftaran
Berlaku untuk semua tipe Kartu Kredit BNI termasuk kartu tambahannya, kecuali BNI Kartu Tunai.
Pengajuan pendaftaran fasilitas BNI
bill payment
harus dilakukan oleh Pemegang Kartu utama. Khusus untuk Kartu Kredit BNI Visa Corporate pengajuan pendaftaran harus dilakukan melalui PIC Perusahaan/PIC Corporate Card BNI.
Setiap pendaftaran
bill payment
yang diterima BNI sebelum atau pada tanggal 25 bulan M, maka BNI akan memproses dan membukukan seluruh tagihan yang diterima dari Penyedia Layanan Berlangganan (
Provider/Biller
) di bulan M+1.
Jika pendaftaran diterima BNI setelah tanggal 25 hingga akhir bulan M, maka proses dan pembukuan tagihan di Kartu Kredit akan dilakukan di bulan M+2. Jadi Pemegang Kartu harus melakukan sendiri pembayaran tagihan pada bulan M+1 ke
Provider/Biller
.
Contoh: Pada
bill payment
Telkom untuk pendaftaran tanggal 1 sampai dengan 25 Januari maka fitur
bill payment
akan efektif berlaku mulai bulan Februari, sedangkan untuk pendaftaran tanggal 26 sampai dengan 31 Januari, maka fitur
bill payment
akan efektif berlaku untuk bulan Maret.
Pemegang Kartu dengan ini memberikan kuasa kepada BNI untuk melakukan pendebetan rekening Kartu Kredit BNI dan membayarkan tagihan pelayanan kepada
Provider/Biller
.
BNI atas pertimbangannya sendiri dapat menolak permohonan fasilitas
bill payment
.
Pendebetan
Biaya administrasi untuk semua jenis
bill payment
sebesar Rp 5.000,- pertransaksi atau perpendebetan. (biaya dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan kepada pemegang kartu melalui sarana yang ditentukan BNI sesuai ketentuan regulasi).
Jika batas kredit yang tersedia pada Kartu Kredit BNI tidak mencukupi, atau Kartu Kredit dalam keadaan terblokir, atau penyebab lainnya yang mengakibatkan tagihan
Provider/Biller
tidak dapat diproses autodebet di Kartu Kredit, maka segera dan secara otomatis BNI berhak tidak melakukan pembayaran tagihan dari
Provider/Biller
pada bulan tersebut. BNI akan menginformasikan melalui sms kepada Pemegang Kartu terkait proses autodebet yang gagal dan Pemegang Kartu menyetujui untuk menyelesaikan pembayaran tagihan dimaksud langsung ke
Provider/Biller
yang bersangkutan melalui media-media pembayaran lainnya.
Nilai tagihan
Provider/Biller
akan diinformasikan dalam lembar tagihan Kartu Kredit BNI setiap bulannya sesuai tanggal cetak tagihan Kartu Kredit.
Besarnya nilai Tagihan
bill payment
ditentukan oleh
Provider/Biller
. Apabila terjadi ketidaksesuaian antara Tagihan Bill Payment dengan tagihan yang seharusnya dibayarkan, pemegang kartu hanya dapat menghubungi
Provider/Biller
.
BNI tidak bertanggung jawab atas pembayaran ganda dari tagihan pelayanan yang disebabkan oleh kesalahan Pemegang Kartu.
Jika Kartu Kredit yang didaftarkan untuk fasilitas BNI
bill payment
mengalami pergantian karena hilang, dan atau diduga disalahgunakan, dan atau peningkatan Kartu Kredit atau penggantian karena sebab-sebab lainnya, maka Pemegang Kartu menyetujui bahwa BNI berhak untuk melakukan pendebetan seluruh tagihan BNI
bill payment
yang terdaftar di Kartu Kredit sebelumnya ke Kartu Kredit penggantinya.
Segala keluhan dan atau pertanyaan mengenai jumlah tagihan dan atau segala perbedaan tagihan yang dibayarkan melalui BNI
bill payment
harus diajukan langsung oleh Pemegang Kartu kepada
Provider/Biller
terkait. Pemegang Kartu menyetujui untuk tetap menyelesaikan pembayaran tagihan transaksi BNI
bill payment
tersebut sesuai dengan jadwal pembayaran yang tertera di dalam Lembar Penagihan Kartu Kredit yang bersangkutan.
Pemegang Kartu dengan ini menyetujui untuk membebaskan BNI dari segala tanggung jawab atas kerugian yang mungkin timbul dan atau harus ditanggung oleh Pemegang Kartu, baik materiil maupun immateriil, yang berkaitan dengan kegagalan pembayaran tagihan BNI
bill payment
karena sebab apapun dan atau segala keluhan dan atau pertanyaan mengenai jumlah tagihan dan atau segala perbedaan tagihan yang dibayarkan melalui BNI
bill payment
.
Pembatalan
Permintaan pembatalan
bill payment
harus dilakukan oleh Pemegang Kartu Utama. Jika pembatalan dilakukan sebelum atau pada tanggal 25 bulan M, maka BNI akan memproses pembatalan tersebut di bulan M+1 dan apabila pembatalan dilakukan setelah tanggal 25 sampai dengan akhir bulan, maka pembatalan akan diproses di bulan M+2.
Apabila Pemegang Kartu melakukan penutupan layanan berlangganan ke Pihak
Provider/Biller
, maka Pemegang Kartu wajib menginformasikan serta melakukan pembatalan
bill payment
ke BNI melalui BNI Call. Jika tidak ada informasi penutupan dan permintaan pembatalan ke BNI, fasilitas
bill payment
dianggap aktif dan BNI tidak memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab atas seluruh tagihan pelayanan yang terdebet.
Pemegang Kartu hanya dapat melakukan pembatalan pendaftaran BNI
bill payment
melalui BNI Call. Pembatalan akan berlaku efektif, jika Pemegang Kartu sudah memenuhi semua kewajiban syarat dan ketentuan yang berlaku untuk program pendaftaran BNI
bill payment
sebelumnya. Pemegang Kartu menyetujui untuk menyelesaikan pembayaran semua tagihan BNI bill payment yang sudah terdebet pada Kartu Kredit yang bersangkutan sebelum berlaku efektifnya pembatalan BNI
bill payment
, sesuai dengan jadwal pembayaran Kartu Kredit yang bersangkutan.
E. FAQ
Bill payment apa saja yang dapat didaftarkan?
Saat ini terdapat beberapa Provider/Biller bill payment antara lain PLN, aetra, Telkom dan lain sebagainya (daftar lengkap dapat dilihat di atas).
Berapa banyak jumlah ID Pelanggan yang bisa didaftarkan?
Tidak ada pembatasan jumlah ID Pelanggan yang dapat didaftarkan dalam 1 (satu) Kartu Kredit BNI.
Kapan tanggal efektif pendebetan bill payment mulai berjalan?
Jika pendaftaran pada hari kerja sebelum tanggal 25 akan efektif di bulan berikutnya, pendaftaran pada hari kerja setelah atau pada tanggal 25 maka akan efektif dua bulan berikutnya (akan diinformasikan melalui surat atau sms atau e-mail konfirmasi pendaftaran
bill payment
).
Apakah ada pemberitahuan dari BNI apabila bill payment telah berhasil didaftarkan?
BNI akan mengirimkan surat atau sms atau e-mail konfirmasi pendaftaran ke alamat penagihan atau ponsel atau e-mail yang tercatat di sistem BNI.
Apakah ada biaya untuk pendebetan bill payment BNI?
Biaya administrasi untuk pendebetan semua jenis
bill payment
sebesar Rp 5.000,- pertransaksi atau perpendebetan. (Biaya dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan kepada pemegang kartu melalui sarana yang ditentukan BNI).
Apakah pendaftaran bill payment bisa atas nama Perusahaan?
Bisa.
Bagaimana penanganannya jika terjadi pembayaran ganda?
Khusus Biller PLN tidak dapat di proses di BNI, pemegang Kartu Kredit BNI harus datang langsung ke loket PLN cabang area masing-masing dengan membawa bukti pembayaran dari BNI (bisa dimintakan ke BNI Call). Untuk Biller BPJS Kesehatan, pembayaran ganda akan otomatis masuk sebagai pembayaran tagihan bulan selanjutnya sehingga tagihan bulan selanjutnya tidak akan muncul. Untuk Biller
bill payment
lainnya bisa dibantu proses refund di BNI.
Apabila kartu kredit hilang, bagaimana dengan proses pendebetan bill payment-nya?
Proses pendebetan akan dipindahkan ke kartu penggantinya. Selama proses penggantian, Pemegang Kartu wajib melakukan pembayaran sendiri melalui media atau metode pembayaran lainnya.
Apabila terjadi gagal pendebetan, apakah pemegang Kartu Kredit diinformasikan oleh BNI?
Benar, BNI akan mengirimkan informasi gagal pendebetan melalui sms ke nomor ponsel yang terdaftar di BNI.
Kartu Kredit BNI apa saja yang dapat didaftarkan Bill Payment?
Semua kartu kredit BNI selain BNI Kartu Tunai.