Emerald Daily Update 31 Januari 2022 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 31 Januari 2022

Monday, 31 Januari 2022

"It’s not about ideas. It’s about making ideas happen"
–Scoot Belsky–

Indikator

Indikator

Global Market

Output pabrik Jepang di bulan Desember 2021 menyusut untuk pertama kalinya dalam tiga bulan. Sentimen datang karena penurunan mesin melebihi kenaikan kecil dalam produksi mobil yang mengurangi kekuatan pemulihan ekonomi. Berdasarkan data Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, produksi pabrik di Desember 2021 turun 1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penurunan terjadi karena adanya penuruan output mesin produksi dan keperluan umum, termasuk peralatan pembuat chip. Data yang sama juga menunjukan, pertumbuhan output mobil dan kendaraan lain melambat menjadi 1,5% dari bulan sebelumnya di Desember, realisasi ini jauh lebih kecil dari lonjakan 43,7% yang dicetak pada bulan November dan kenaikan 15,9% pada Oktober.

Google Alphabet Inc menyuntik dana hingga US$ 1 miliar kepada perusahaan telekomunikasi di India, Bharti Airtel. Investasi itu merupakan bagian dari rencana Google untuk menanamkan investasi US$ 10 miliar sebagai dana digitalisasi selama lima hingga tujuh tahun sebagai kesapakatan dan bagian ekuitas. Investasi tersebut mencakupi investasi ekuitas US$ 700 juta di Airtel dan hingga US$ 300 juta untuk implementasi perjanjian komersial, termasuk investasi dalam memperluas produk dan layanan Airtel yang merupakan operator terbesar kedua di India. Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan perangkat Bharti Airtel, jaringan internet rumah, pusat data, adopsi cloud dan mengembangkan jaringan 5G.

Indonesia

Inflasi bulan Januari 2022 diproyeksi lebih rendah dibanding dengan inflasi Desember 2021. Bank Indonesia memprediksi inflasi Januari 2022 ada di level 0,53% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat di angka 0,57% secara bulanan. Proyeksi tersebut didapat dari hasil survei yang dilakukan untuk pemantauan harga pada minggu IV Januari 2022. Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI dalam keterangan yang dikutip KONTAN pada Minggu (30/1) menyampaikan "dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Januari 2022 secara tahun kalender sebesar 0,53% year to date dan secara tahunan sebesar 2,15%". Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu dikutip dari KONTAN.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BPKM) melaporkan, sektor manufaktur hanya menyumbang 20% dari total Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di tahun 2021 lalu. Kontribusi sektor manufaktur ini jauh lebih rendah dibanding sektor jasa yang menyumbang 60% dari total PMDN. Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy, mengatakan, proporsi kecil invetasi di sektor manufaktur pada PMDN, menunjukan kecilnya minat investor dari dalam negeri untuk ke sektor manufaktur. PMDN Industri manufaktur berkurang, karena biaya investasi di sektor ini mulai penyediaan bahan baku, mesin pendukung, hingga kebijakan tenaga kerja yang sering berubah.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (closing market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana, Fetie Nilasari.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking