Emerald Daily Update 8 Februari 2022 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 8 Februari 2022

Tuesday, 8 February 2022

"Our life is what our thoughts make it."
–Marcus Aurelius–

Indikator

Indikator

Global Market

Dikutip dari CNBC Indonesia, Klaas Knot, Presiden Bank Sentral Belanda sekaligus anggota Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa (ECB), memprediksi ECB akan menaikkan suku bunga pada kuartal keempat tahun ini. Dalam sebuah wawancara di program televisi Belanda, Knot, yang dikenal sebagai salah satu anggota dewan ECB yang lebih hawkish, mengatakan dia mendukung penghentian program pembelian aset Bank Sentral zona euro secepat mungkin.

Industri jasa di kawasan Asia mulai bergerak seiring pemulihan ekonomi. Namun sektor ini mendapat tantangan dari lonjakan kasus Covid-19 sehingga memberi ketidakpastian ekonomi ke depan. Mengutip Reuters dari Kontan, industri jasa China per Januari 2022 tumbuh pada laju paling lambat dalam lima bulan terakhir karena lonjakan kasus Covid-19 dan kebijakan pembatasan sehingga memukul sentimen pasar dan tingkat konsumsi. Tak berbeda, sektor jasa di India juga tumbuh melambat dalam enam bulan terakhir pada Januari 2022 akibat pembatasan mobilitas hingga lonjakan harga sehingga membebani jumlah permintaan. IHS Markit mencatat indeks manufaktur India berada di level 51,5 pada Januari 2022, atau merosot dari bulan sebelumnya di posisi 55,5. Nilai itu jauh dari ekspektasi jajak pendapat ekonomi Reuters di angka 53,0. Sementara di Jepang, aktivitas sektor jasa mengalami kontraksi pada laju tercepat dalam lima bulan pada Januari 2022 sebagai tanda bahwa bisnis menghadapi tekanan dari rekor kenaikan infeksi virus Corona baru karena varian Omicron.

Indonesia

Pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun 2021 sudah kembali ke zona positif, setelah pada tahun 2020 mencatat pertumbuhan negatif 2,07% yoy. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mencatat, pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun lalu sebesar 3,69% yoy. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di sepanjang tahun ini masuk ke dalam kisaran perkiraan pertumbuhan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sebesar 3,5% yoy hingga 4,2% yoy dengan titik tengah 3,7% yoy. Pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun ini juga tak lepas dari kinerja pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2021 yang mencapai 5,02% yoy,setelah pada kuartal III-2021 tumbuh 3,51% yoy, kemudian pada kuartal II-2021 tumbuh 7,07% yoy, dan pada kuartal I-2021 masih berada di zona negatif 0,71% yoy.

Dikutip dari Kontan, terdapat aliran modal asing yang masuk (capital inflow) ke pasar keuangan dalam negeri pada pekan pertama Februari 2022. Berdasarkan data transaksi Bank Indonesia (BI), periode 31 Januari 2022 hingga 3 Februari 2022, nonresiden (asing) di pasar keuangan domestik mencatat beli neto Rp 4,27 triliun. “Terdiri dari beli neto di pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 3,59 triliun dan beli neto di pasar saham sebesar Rp 0,68 triliun,” tulis Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Dalam keterangannya.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana, Fetie Nilasari, Alvin Tejo.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking