Emerald Daily Update 15 Februari 2022 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 15 Februari 2022

Tuesday, 15 February 2022

"The desire of gold is not for gold. It is for the means of freedom and benefit."
–Ralph Waldo Emerson–

Indikator

Indikator

Global Market

Sejumlah ahli virus percaya bahwa Covid-19 akan segera terkendali. Meski tak bisa diberantas, Kepala Penasihat Medis Gedung Putih Dr. Anthony Fauci meyakini, Amerika Serikat (AS) misalnya, sudah sangat bisa mengendalikan virus. Mengutip CNBC International Senin (14/2/2022), ia mengatakan, pandemi mungkin tidak lagi mengancam untuk mendorong rumah sakit dan menganggu ekonomi. Ia pun yakin, orang dapat kembali ke "kehidupan normal" setelah dua tahun mengalami gangguan dan ketidakpastian menyusul gelombang infeksi yang berulang. Hal ini dikatakannya pula dalam diskusi dengan Financial Times. Dia tidak menyebutkan bulan atau musim tertentu, tetapi ditegaskannya, bahwa pembatasan Covid-19 termasuk anjuran penggunaan masker dapat segera berakhir di Paman Sam.

Inflasi tinggi kini terjadi di banyak negara dunia di tengah masa pandemi Covid-19. Setelah Amerika Serikat (AS) dan China, kini inflasi juga menunjukkan peningkatan signifikan di Jerman. Negara itu mencatat tingkat inflasi naik menjadi 5,3% di Desember 2021, laju tercepat sejak Juni 1992. Di November inflasi tercatat 5,2%. Mulai dari biaya energi yang lebih tinggi dan gangguan rantai pasokan karena pandemi. Termasuk pemotongan PPN sementara pada tahun 2020, yang menurunkan dasar pengukuran kenaikan harga saat ini. Sementara itu sepanjang tahun 2021, inflasi di Negeri Panser mencapai 3,1%. Ini angka akhir tahun tertinggi sejak 1993.

Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa vaksinasi dapat mencegah risiko fatal akibat Covid-19 terutama varian Omicron. Berdasarkan data Kemenkes, selama periode 21 Januari-6 Februari 2022 ada 356 pasien Covid-19 yang meninggal. Sebanyak 69% di antaranya belum mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, sementara 31% sudah divaksinasi dosis lengkap. Selain kelompok yang belum divaksinasi, Covid-19 juga bisa menimbulkan risiko berat pada kelompok rentan lainnya, yakni kelompok lansia, anak-anak, dan orang yang memiliki komorbiditas.

Pemerintah akan melakukan lelang Surat Utang Negara (SUN) dalam mata uang Rupiah untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2022 pada hari Selasa, tanggal 15 Februari 2022. Seri SUN yang akan dilelang adalah seri SPN (Surat Perbendaharaan Negara) dan FR (Fixed Rate). Seri-seri FR yang akan ditawarkan adalah FR0090 (sisa tenor 5 tahunan), FR0091 (sisa tenor 10 tahunan), FR0093 (sisa tenor 15 tahunan), FR0092 (sisa tenor 20 tahunan), dan FR0089 (sisa tenor 29 tahunan). Penjualan SUN ini akan dilaksanakan dengan menggunakan system pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Target Indikatif yang akan diserap oleh pemerintah untuk lelang kali ini adalah 25 Triliun dengan target maksimal 37.5 Triliun.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (closing market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana. Fetie Nilasari, Alvin Tejo.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking