Emerald Daily Update 17 Maret 2022 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 17 Maret 2022

Thursday, 17 March 2022

"There’s no shortage of remarkable ideas, what’s missing is the will to execute them."
–Seth Godin–

Indikator

Indikator

Global Market

Federal Reserve menaikkan suku bunga 25 basis poin (0,25%) dan menyusun rencana agresif untuk mendorong biaya pinjaman ke tingkat yang membatasi pada tahun depan karena kekhawatiran inflasi yang tinggi, dan perang Ukraina menyusul risiko pandemi virus corona. Mengutip Bisnis, proyeksi yang dirilis oleh Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan kebijakan menandakan kemungkinan Fed menaikkan suku bunga hingga enam kali lebih banyak tahun ini, yang berarti suku bunga 1,75 persen lebih tinggi pada akhir tahun ini daripada tahun lalu. Sedangkan tahun depan diproyeksikan akan meningkat lebih lanjut menjadi 2,80%. Gubernur The Fed Jerome Powell, berbicara setelah akhir pertemuan kebijakan dua hari terakhir, mengatakan ekonomi kuat dan bahwa para pejabat akan menaikkan suku bunga lebih agresif pada pertemuan mendatang jika diperlukan untuk mengendalikan inflasi.

Pejabat Saudi dan China saat ini tengah dalam pembicaraan untuk menentukan harga beberapa penjualan minyak negara Teluk dalam yuan daripada dollar atau euro. Dikutip dari Kontan, kedua negara telah membahas masalah ini selama enam tahun, tetapi pembicaraan dilaporkan telah meningkat pada tahun 2022. Dilaporkan, Arab Saudi tidak puas atas negosiasi nuklir Amerika Serikat dengan Iran dan kurangnya dukungan untuk operasi militer Arab Saudi di negara tetangga Yaman. Berdasar data Wall Street Journal, hampir 80% dari penjualan minyak global dihargai dalam dollar, dan sejak pertengahan 1970-an Saudi secara eksklusif menggunakan dollar untuk perdagangan minyak sebagai bagian dari perjanjian keamanan dengan pemerintah AS.

Indonesia

Harga minyak goreng kemasan berpotensi melambung tinggi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, harga minyak goreng kemasan akan menyesuaikan dengan harga keekonomian. Itu berarti, harga minyak goreng kemasan tidak lagi mengacu Harga Eceran Tertinggi (HET). Mengacu Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022 yang berlaku 1 Februari lalu, pemerintah menetapkan HET minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter dan kemasan premium Rp 14.000 per liter. Sejak pemerintah menerapkan program minyak goreng satu harga Rp 14.000 per liter, yang kemudian menjadi kebijakan HET, produk turunan minyak kelapa sawit mentah itu langka di pasaran, terutama ritel modern. Sementara untuk minyak goreng curah bersubsidi, pemerintah menetapkan HET-nya Rp 14.000 per liter.

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Januari 2022 turun 0,65% secara bulanan yaitu dari Desember 2021 sebesar US$ 58,87 miliar menjadi US$ 58,49 miliar pada Januari 2022. Secara bulanan, penurunan ULN BUMN terjadi pada semua kelompok. Penurunan terbesar terjadi pada BUMN Bank sebesar 1,45% yaitu dari Desember 2021 US$ 9,28 miliar menjadi US$ 9,146 miliar pada Januari 2022.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana, Fetie Nilasari. Alvin Tejo S, Kemal Riayadsyah, Vhannya. B. Fitrah.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking