Emerald Daily Update 21 Maret 2022 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 21 Maret 2022

Monday, 21 March 2022

"Every problem is a gift, without problem we would not grow."
–Tony Robbins–

Indikator

Indikator

Global Market

Bank of Japan (BOJ) mempertahankan stimulus besar-besaran pada Hari Jumat dan memperingatkan peningkatan risiko pemulihan ekonomi yang rapuh dari krisis Rusia-Ukraina. Kebijakan itu memperkuat ekspektasi bahwa Bank Sentral Jepang akan tetap menjadi outlier di tengah pergeseran global menuju pengetatan kebijakan moneter. BOJ menyalahkan konflik Rusia-Ukraina sebagai penyebab kenaikan harga bahan bakar dan komoditas. Situasi itu dapat menaikkan inflasi konsumen ke target 2% BOJ dalam beberapa bulan mendatang. Namun dorongan biaya terhadap inflasi semacam itu akan berumur pendek dan tidak akan mendorong BOJ untuk menarik stimulus. Makanya BOJ menekankan tekad untuk mempertahankan dukungan moneter yang besar bagi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih dari luka pandemi Covid-19.

Pemerintah Italia mengumumkan rencana untuk menghapus pembatasan akibat pandemi Covid-19, setelah lebih dari dua tahun penyakit itu pertama kali melanda negara tersebut, meskipun kasusnya masih meningkat. Saat ini, banyak negara Eropa telah menghapus pembatasan Covid-19 mereka secara lebih agresif, dengan Prancis memilih untuk mencabut sebagian besar pembatasannya pada awal minggu lalu.

S&P memangkas peringkat Rusia menjadi 'CC' dari 'CCC-'. Penurunan rating tersebut dilakukan karena Rusia melaporkan kesulitan memenuhi pembayaran surat utang Eurobond 2023 dan 2043, yang berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS). Kesulitan pembayaran Rusia berasal dari sanksi internasional atas invasi Moskow ke Ukraina, kata lembaga pemeringkat tersebut. Sanksi itu telah mengurangi cadangan devisa negara yang tersedia dan membatasi aksesnya ke sistem keuangan global.

Indonesia

Terdapat aliran masuk modal asing ke pasar keuangan dalam negeri pada pekan ketiga Maret 2022. Berdasarkan data transaksi 14 Maret 2022 hingga 17 Maret 2022 yang diperoleh Bank Indonesia (BI), nonresiden di pasar keuangan domestik nampak beli neto Rp 8,23 triliun. Terdiri dari beli neto di pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 1,13 triliun dan jual neto di pasar saham sebesar Rp 7,10 triliun, seperti disampaikan oleh Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam Kontan. Seiring dengan masuknya asing ke pasar keuangan domestik, premi risiko investasi di Indonesia nampak menurun. Ini terlihat dari premi Credit Default Swap (CDS) Indonesia. Premi CDS Indonesia 5 tahun tercatat turun ke level 86,77 bps per 16 Maret 2022 dari 109,25 bps per 11 Maret 2022.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan terjadi peningkatan harga atau inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan Maret 2022, setelah pada Februari 2022 terjadi penurunan harga (deflasi) sebesar 0,02% mom. Berdasarkan survei pemantauan harga BI pada minggu ketiga Maret 2022, inflasi pada bulan Maret 2022 diperkirakan sebesar 0,54% mom.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana, Fetie Nilasari. Alvin Tejo S, Kemal Riayadsyah, Vhannya. B. Fitrah.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking