Emerald Daily Update 25 April 2022 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 25 April 2022

Monday, 25 April 2022

"Skills are cheap passion is priceless."
–Gary Vaynerchuk–

Indikator

Indikator

Global Market

Harga minyak tergelincir pada hari Jumat, membukukan kerugian mingguan hampir 5%, di tengah prospek pertumbuhan global yang lebih lemah, suku bunga yang lebih tinggi dan penguncian akibat Covid-19 di China yang menekan permintaan bahkan ketika Uni Eropa mempertimbangkan larangan untuk minyak Rusia yang akan memperketat pasokan. International Monetary Fund (IMF) di minggu ini memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global tahun 2022. Bahkan, IMF mengungkapkan dapat menurunkan proyeksinya lebih lanjut jika negara-negara Barat memperluas sanksi terhadap Rusia atas invasinya terhadap Ukraina, dan harga energi naik lebih lanjut, mengutip dari KONTAN.

Wall Street tak berdaya pada perdagangan terakhir di pekan ini. Tiga indeks utama pun tersungkur setelah ditutup turun lebih dari 2,5%. Pada pekan ini, ketiga indeks utama juga kembali koreksi. Jumat (22/4), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 2,82% menjadi 33.811,4, indeks S&P 500 anjlok 2,77% ke 4.271,78 dan indeks Nasdaq Composite ambles 2,55% ke 12.839,29. Dengan posisi tersebut, untuk pekan ini Dow Jones koreksi 1,9%, S&P tertekan 2,8%, dan Nasdaq terjungkal 3,8%. Kekhawatiran tentang risiko dari kenaikan suku bunga terus bergema setelah poros hawkish dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Kamis. Kala itu, Powell mendukung rencana untuk lebih cepat memerangi inflasi dan mengatakan kenaikan 50 basis poin akan "di atas meja" ketika The Fed bertemu pada bulan Mei, mengutip dari KONTAN.

Indonesia

Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada bulan Maret 2022 terpantau meningkat. Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi M2 pada Maret 2022 sebesar Rp 7.810,9 triliun atau meningkat dari Rp 7.690,1 triliun pada bulan Februari 2022. Pun bila dilihat dari pertumbuhannya, M2 pada Maret 2022 terpantau tumbuh 13,3% yoy atau lebih tinggi dari 12,8% yoy dari bulan sebelumnya. “Berdasarkan faktor yang memengaruhi, peningkatan pertumbuhan M2 pada Maret 2022 ini terutama dipengaruhi oleh berlanjutnya akselerasi penyaluran kredit,” tulis Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan dalam laporannya yang dikutip dari KONTAN.

Boikot batubara Rusia oleh Uni Eropa dan Jepang membuat harga emas hitam melambung sepanjang pekan ini. Harga batubara acuan Newcastle (Australia) ditutup di US$ 349,75/ton, melonjak 9,26% dibandingkan pekan sebelumnya. Berdasarkan data BP Statistical Review 2021, Indonesia merupakan pemilik cadangan batubara terbesar ketujuh di dunia yakni mencapai 34,87 miliar ton, status hingga akhir 2020. Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), status per Juli 2020, jumlah sumber daya batubara RI mencapai 148,7 miliar ton dan cadangan 39,56 miliar ton mengutip dari CNBC Indonesia.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (closing market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana, Fetie Nilasari, Alvin Tejo S, Kemal Riayadsyah, Vhannya.B. Fitrah.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking