Emerald Daily Update 20 Januari 2023 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 20 Januari 2023

Friday , 20 January 2023

“True wealth is not of the pocket, but of the heart and the mind” – Kevin Gates

Indikator

Indikator

Global Market

Harga minyak mentah ditutup melonjak 1%. Memperpanjang kenaikan baru-baru ini yang dibangun di sekitar meningkatnya permintaan dari China. Di sisi lain, pasar mencatat kenaikan besar dalam minggu kedua berturut-turut dalam persedian minyak mentah Amerika Serikat (AS). Pada hari kamis (19/1) harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Maret 2023 ditutup naik US$ 1,18 atu 1,4% menjadi US$ 86,16 per barel selain itu minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Februari 2023 juga ditutup menguat 85 sen atau 1,1% ke US$ 80,33 per barel, hal ini merupakan level penutupan tertinggi untuk kedua kontrak tersebut sejak 1 Desember 2022. Permintaan minyak China naik hampir 1 juta barel per hari (bph) dari bulan sebelumnya menjadi 15,41 juta bph pada November, level tertinggi sejak Februari. Menurut angka ekspor terbaru yang diterbitkan oleh Joint Organization Data Initiaive. Jadi penopang pergerakan harga minyak. Mengutip pada laman KONTAN.

Bank Negara Malaysia secara tak terduga mempertahankan suku bunga acuannya, tetap pada angka 2,75%. Walau begitu. Bank Negara Malaysia menyebut, sedang menilai dampak dari empat kenaikan suku bunga berturut-turut tahun lalu. Dari 27 ekonom yang disurvei reuters memperkirakan, bank sentral akan menaikan suku bunga menjadi 3%. Sejak Mei tahun lalu, Bank Negara Malaysia telah menaikan suku bunga dengan total 100 basis poin dari rekor terendah 1,75% untuk mengendalikan inflasi. Perekonomian Malaysia telah pulih dari resesi yang disebabkan oleh pandemi, dengan bank sentral mengharapkan pertumbuhan pada tahun 2022 melebihi perkiraan ekspansi 6,5%-7% dan memperikirakan pertumbuhan di tahun ini akan lebih lambat dibanding tahun sebelumnya yaitu berkisar antara 4%-5% di tengah efek perlambatan ekonomi global. Mengutip pada laman KONTAN.

Indonesia

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menaikkan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,5%. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan kenaikan suku bunga yang lebih tinggi merupakan langkah lanjutan untuk secara front loaded, preemptive, dan forward looking memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi serta inflasi ke depan. Bank Indonesia meyakini kenaikan BI7DRR sebesar 225 bps sejak Agustus 2022 hingga menjadi 5,75% ini memadai untuk memastikan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023. Adapun, BI memperkirakan inflasi inti pada semester I-2023 akan lebih rendah dari 4%, bahkan tidak lebih tinggi dari 3,75%, mengutip pada laman CNBC Indonesia.

Neraca pembayaran Indonesia diperkirakan akan tetap membaik pada 2023 dengan transaksi berjalan yang terjaga, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan transaksi berjalan yang terjaga akan berada dalam kisaran surplus 0,4% sampai dengan deficit 0,4% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Dia mengatakan pada 2022 surplus transaksi berjalan diperkirakan mencapai 0,4% sampai 1,2% dari PDB, Mengutip KONTAN.      

 

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta.

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Group – Wealth Management Division

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking