Emerald Daily Update 12 April 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 12 April 2021

Monday, 12 April 2021

"Judge a man by his questions rather than his answers."
–Voltaire–

Indikator

Indikator

Global Market

Pemerintah Jepang berencana memberlakukan pembatasan darurat di area Ibu Kota Tokyo mulai 12 April 2021. Pembatasan ini direncanakan berlaku satu bulan termasuk pembatasan pergerakan masyarakat dan pengurangan jam kerja untuk bar dan restoran. Hal ini juga sebagai antisipasi lanjutan kasus Covid19 menjelang Olimpiade di Jepang di Juli 2021. Juga dilaporkan Reuters, India mencatatkan pertumbuhan kasus harian Covid19 dalam 5 bulan terakhir sebesar 131,968 tambahan kasus dengan 780 kematian per Jumat 9 April waktu setempat.

Pertemuan G20 di bawah Presidensi Italia 7 April 2021 dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Para peserta sepakat ekonomi global membaik dengan adanya berbagai kebijakan pendukung, meskipun indikator pemulihan belum merata di semua negara khususnya pada negara miskin. Untuk saling mendukung, G20 berkomitmen menerapkan perpanjangan penundaan pembayaran kewajiban utang hingga Desember 2021, mekanisme penanganan utang negara miskin, serta mendukung Penambahan Investasi.

Indonesia

Bank Indonesia merilis hasil survei Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) per Maret 2021 sebesar 93,4, naik dari posisi bulan sebelumnya di angka 85,8 dan 84,9 di Februari dan Januari 2021. Meski angka tersebut masih berada pada level pesimis (<100), namun peningkatan optimisme jelas tercermin dari peningkatan nilai indeks. Selain itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) juga meningkat menjadi 72,6 di Maret 2021 dari sebelumnya 65,1 di Februari 2021. Serta Indeks Ekspektasi Konsumen turut meningkat menjadi 114,1 dari sebelumnya 106,5 di Februari 2021.

Dilaporkan CNBC, Sidang Paripurna DPR menyetujui rencana Pemerintah untuk membentuk Kementerian baru bernama Kementerian Investasi. Dalam pembahasannya, disebutkan Kementerian ini bertujuan untuk pembentukan investasi dan lapangan pekerjaan. Selama ini, urusan tersebut berada dalam ruang lingkup Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) dan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Selain itu, sidang juga menyetujui penggabungan sebagian tugas Kementerian Riset dan Teknologi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masih belum diketahui status badan atau Kementerian eksisting ke depan.

Analisis

Berbagai kebijakan terus dipacu untuk mendorong pemulihan ekonomi global dan domestik baik dari sisi bisnis, ekonomi dan kesehatan. Prospek ekonomi, terus membuka peluang prospek investasi di pasar saham dan obligasi. Investor secara bertahap dapat mulai beranjak dari risk averse mode guna menargetkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi. Reksadana Campuran dan Reksadana Saham dapat menjadi pilihan instrumen berbasis saham yang terdiversifikasi.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Pkl. 10.00 WIB).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking