Emerald Daily Update 10 Mei 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 10 Mei 2021

Monday, 10 May 2021

"Reading is to the mind what exercise is to the body."
–Jospeh Addison–

Indikator

Indikator

Global Market

Pemerintah Amerika Serikat mendukung Langkah pengabaian hak paten Covid19 sebagai upaya mendukung akses vaksin yang merata bagi negara miskin, dilaporkan CNBC Indonesia. World Trade Organization (WTO) sebelumnya didesak untuk menghapus kekayaan intelektual vaksin untuk sementara waktu. Namun hal tersebut mendapat tentang penolakan dari beberapa perusahaan farmasi.

Wall Street mencatatkan penguatan pada perdagangan minggu lalu, dengan menembus rekor tertinggi sepanjang masa untuk indeks Dow Jones. Optimisme didukung oleh rilis data Initial Jobless Claim per 1 Mei 2021 yang tercatat 498.000, turun dari minggu sebelumnya sebesar 590.000. Penurunan angka Initial Jobless Claim ini mencerminkan semakin sedikit warga AS yang berstatus pengangguran, yang pada akhirnya menunjukan pertumbuhan ekonomi negara yang diproyeksi akan semakin positif.

Indonesia

Bank Indonesia merilis posisi Cadangan Devisa Indonesia per April 2021 sebesar US$ 138,8 miliar, meningkat dari posisi Maret 2021 sebesar US$ 137,1 miliar. Posisi tersebut setara dengan pembiayaan 10 bulan impor atau 9,6 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah. Nilai tersebut berada pada standar kecukupan internasional sebesar 3 bulan impor.

Kementerian Kesehatan menginformasikan bahwa varian jenis baru Covid19 sudah masuk ke Indonesia, yaitu B.117 asal Inggris sebanyak 12 kasus, B.1351 asal Afrika Selatan sebanyak 1 kasus dan varian mutasi ganda B.1617 dari India sebanyak 2 kasus per 30 April 2021. Upaya pemerintah untuk menekan laju persebaran adalah dengan memberlakukan pelarangan mudik Lebaran untuk menghindari cluster baru.

Pemerintah RI berencana untuk menerapkan PPN multitarif yang berbeda bagi barang kebutuhan pokok dan barang mewah. Hal ini direncanakan sebagai salah satu langkah reformasi pajak guna meningkatkan penerimaan negara. Adapun wacana ini masih akan didiskusikan antara Pemerintah, DPR dan pemangku kepentingan lainnya.

Analisis

Pasar saham masih bergerak fluktuatif. IHSG sempat naik dalam 3 hari terakhir mencapai level 6.000 dan investor asing mencatatkan nett buy setelah pengumuman PDB kemarin, namun aktifitas pasar kembali berbalik dan pasar ditutup melemah. Namun capital inflow ke Indonesia tercatat positif, ditunjukan dengan transaksi investor asing yang mencatatkan net buy di pasar saham sebesar Rp 1,03 triliun sepanjang satu minggu yang lalu.

Transaksi beli pada pasar saham diprediksi akan semakin terbatas khususnya menjelang libur lebaran pada minggu ini. Guna menghindari risiko sentimen pasar global di saat bursa Indonesia tutup, investor dapat menempatkan dana pada instrumen likuid jangka pendek seperti Pasar Uang.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta.

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking