Emerald Daily Update 7 Juni 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 7 Juni 2021

Monday, 7 June 2021

"What inspires you, what excites you when you wake up in the morning?"
–Jennifer Aniston–

Indikator

Indikator

Global Market

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menyatakan bahwa pihaknya keberatan dengan langkah Presiden AS Joe Biden yang melarang entitas AS berinvestasi di Perusahaan pertahanan dan teknologi China. China mendesak agar AS untuk menarik daftar tersebut. Bloomberg mencatat terdapat 59 Perusahaan China yang terdaftar tidak boleh diinvestasi oleh entitas AS.

Indeks Harga Pangan Dunia mengalami kenaikan dalam 8 bulan terakhir. Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) merilis data Indeks Harga Pangan (FFPI) naik menjadi 127,1 pada Mei 2021, naik dari 121,3 pada bulan sebelumnya. Meski begitu, kenaikan indeks ini tidak serta merta dapat mengindikasikan krisis pangan di dunia, karena kondisi ketersediaan pangan tidak dapat dihitung secara agregat tulis Bisnis.com.

Perusahaan Goldman Sachs dan HSBC kembali membuka aktivitas karyawan kantor di Hong Kong. Hal ini menjadi indikasi bahwa Hong Kong sebagai pusat keuangan sudah mulai menjalankan bisnis kembali setelah dalam setahun terakhir dilanda gangguan baik dalam hal politis maupun pandemic Covid19.

Indonesia

Pemerintah berencana mengenakan pajak karbon kepada wajib pajak orang pribadi dan badan untuk emisi karbon dengan tarif Rp 75/Kg karbon dioksida ekuivalen (CO2e), dilaporkan Bisnis.com. Ketentuan pajak akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan setelah berkoordinasi dengan lembaga terkait yang akan bersubjek pada wajib pajak yang membeli barang yang mengandung karbon dan atau melakukan aktivitas yang menghasilkan karbon.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyatakan subsidi tagihan tarif listrik yang telah dijalankan sejak April 2020 akan berakhir pada Juni 2021. Sebelumnya pemerintah memberikan subsidi untuk rumah tangga 450 VA dan 900 VA serta UMKM 450 VA dan industri kecil 450 VA.

Lembaga riset keuangan Fitch Solution merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 sebesar 5,46% dalam PDB tahunan. Selain itu, Fitch juga memproyeksi inflasi Indonesia akan masih terkendali di 2,27% secara rata-rata 2021. Presiden Joko Widodo sendiri menargetkan pertumbuhan PDB Indonesia Kuartal II 2021 ada di angka 7% guna mendorong PDB tahunan 2021 yang ditargetkan Bank Indonesia di 4,1%-5,1%.

Bank Indonesia sendiri mencatat perkiraan inflasi per Minggu I Juni 2021 sebesar 1,4% yoy. Selain itu, Bank Sentral juga mencatat bahwa berdasarkan transaksi 31 Mei–3 Juni 2021 investor asing mencatatkan net buy di pasar SBN sebesar Rp 12,27 triliun dan net buy di pasar saham sebesar Rp 2,41 triliun.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking