Emerald Daily Update 21 Juni 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 21 Juni 2021

Monday, 21 June 2021

"Life is 10% what you make it, and 90% how you take it."
–Irving Berlin–

Indikator

Indikator

Global Market

Proyek kabel bawah laut untuk negara Pasifik yang dibiayai oleh Bank Dunia terancam batal, setelah Amerika Serikat memberikan peringatan akan adanya isu keamanan cyber akibat salah satu Perusahaan China mengikuti tender proyek. Reuters melaporkan Perusahaan yang mengikuti tender sebelumnya adalah Nokia dari Finlandia dan NEC dari Jepang. Namun Huawei dari China kemudian mengajukan tender dengan penawaran harga yang lebih murah. Besar kemungkinan ketiga pengajuan tersebut akan dianggap tidak sesuai.

Setelah pertemuan Joe Biden dan Vladimir Putin minggu lalu, muncul berita yang menyatakan AS tengah mempersiapkan sanksi baru kepada Rusia. Hal ini diambil atas isu penggunaan bahan kimia oleh Rusia kepada salah satu kritikus pemerintahan Putin yang bernama Alexei Navalny. Rusia sendiri melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova menyatakan bahwa rencana sanksi tersebut adalah perbuatan ilegal.

Bloomberg melaporkan bahwa Kanada tidak akan melonggarkan perbatasan sebelum rasio vaksinasi mencapai 75%. Saat ini, rasio vaksinasi di Kanada baru sebesar 18%. Kanada saat ini memberlakukan pembatasan terhadap wisatawan dan pelajar, dengan akses hanya dilalui oleh pengiriman barang.

Indonesia

Dalam rilis rutin perkembangan indikator stabilitas nilai rupiah dari Bank Indonesia, dilaporkan bahwa berdasarkan data transaksi 14-17 Juni 2021 investor asing mencatatkan jual neto (nett sell) sebesar Rp 3,31 triliun di pasar keuangan domestik. Angka tersebut didapat dari jual neto di pasar SBN sebesar Rp 2,8 triliun dan jual neto di pasar saham sebesar Rp 0,51 triliun. Berdasarkan Survei Pemantauan Harga di minggu III Juni, secara bulanan diperkirakan terjadi deflasi 0,11% mtm, dan secara tahunan diperkirakan inflasi 1,38% yoy.

Penambahan kasus Covid19 di Indonesia terus meningkat. Per 20 Juni 2021, terdapat 13.737 pertambahan kasus harian. Pemerintah daerah khususnya di pulau Jawa didesak untuk segera memberlakukan pengetatan mobilitas drastis. Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan opsi lockdown tidak dapat dihindarkan di Yogyakarta. Sedangkan di DKI Jakarta, diberlakukan batasan jam malam hingga pukul 21.00 WIB. Lebih lanjut terkait opsi lockdown, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat guna menyelaraskan kebijakan di Jakarta dan daerah penyangga.

Pemerintah Pusat sendiri menargetkan percepatan vaksinasi sebanyak 1 juta orang per hari di bulan Juli 2021. Berdasarkan data Covid19.go.id, per 20 Juni vaksinasi dosis pertama bertambah 170 ribu orang per hari. Indonesia sendiri per kemarin telah kedatangan 10 juta bulk vaksin merk Sinovac.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking