Emerald Daily Update 30 Juni 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 30 Juni 2021

Wednesday, 30 June 2021

"Life is not a problem to be solved, but a reality to be experienced."
–Soren Kierkegaard–

Indikator

Indikator

Global Market

Setelah China dan Inggris melakukan pengetatan terhadap transaksi cryptocurrency, Bank Sentral Meksiko (Banxico) mengeluarkan larangan bagi Lembaga keuangan di negaranya untuk berdagang atau menawarkan layanan transaksi cryptocurrency. Lembaga Keuangan yang melakukan aktivitas tersebut akan dianggap melakukan pelanggaran dan dikenakan sanksi. Banxico menyebutkan bahwa aset virtual bukan merupakan alat pembayaran yang sah, dan terdapat risiko tinggi sebagai alat tukar, pelindung nilai dan atau sebagai investasi.

The Wharton School mempublikasikan temuannya bahwa rencana pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan oleh Joe Biden dapat berdampak pada penurunan utang pemerintah AS dan peningkatan Produk Domestik Bruto. Dikatakan bahwa setiap penyaluran US$ 579 miliar pada infrastruktur baru dapat meningkatkan PDB 0.1% dan menurunkan utang 0.9% pada 2050. Disebutkan bahwa perbaikan dalam infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, dan sebagainya dapat meningkatkan produktivitas transportasi dalam melakukan distribusi barang dan jasa.

Indonesia

Pemerintah diberitakan akan memberlakukan kebijakan PPKM Darurat mulai 2 Juli 2021 mendatang. Kebijakan ini dikabarkan akan mirip dengan PSBB pada tahun 2020, diberlakukan selama 14 hari dengan porsi WFH hingga 80% dan pusat perbelanjaan akan ditutup pkl. 17.00 WIB. Namun beberapa pengusaha berpendapat kebijakan tersebut masih belum cukup, dan lebih memilih opsi lockdown yang dinilai memberikan kepastian efektifitas lebih besar dalam menekan laju penyebaran Covid19.

Kementerian Keuangan merubah aturan terkait pajak ekspor komoditas kelapa sawit, diberitakan Bisnis.com. Perubahan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.76/PMK.05/2021 diundangkan pada 25 Juni, yang berlaku mulai 1 Juli 2021. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa dalam tarif baru, setiap US$ 50 kenaikan harga CPO berlaku kenaikan US$ 20 per ton untuk CPO dan US$ 16 per ton untuk setiap produk turunannya. Untuk tarif maksimal di atas US$ 1.000 per ton, berlaku tarif flat US$ 175.

Mengakhiri Semester I tahun 2021, pasar tengah memantau indikator perbaikan ekonomi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaporkan data inflasi Indonesia pada besok hari. Konsensus Bloomberg memprediksi secara tahunan terjadi inflasi sebesar 1,45% yoy dari sebelumnya 1,68% yoy. Sedangkan secara bulanan konsensus memprediksi terjadi deflasi 0,08% mom dari sebelumnya inflasi 0,32%. Bank Indonesia sendiri pada minggu ketiga Juni melaporkan terjadi deflasi 0,11%. Adanya deflasi ini cenderung mencerminkan adanya penurunan aktivitas ekonomi dalam hal supply-demand yang seringkali dianggap sebagai efek dari penurunan daya beli masyarakat.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking