Emerald Daily Update 1 Juli 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 1 Juli 2021

Thursday, 1 July 2021

"Some of us think holding on makes us strong, but sometimes it is letting go."
–Hermann Hesse–

Indikator

Indikator

Global Market

Badan Statistik Inggris mengumumkan Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris kontraksi 1,6% pada kuartal I tahun 2021, diberitakan CNBC. Menurut otoritas tersebut, kontraksi terjadi akibat kebijakan lockdown yang diambil pemerintah pada bulan Januari-Februari terkait Covid19. Adapun nilai kontraksi ini lebih dalam dari prediksi pemerintah di level minus 1,5%.

Purchasing Managers Index (PMI) ASEAN dari IHS Markit tercatat sebesar 49,0 di Juni 2021, turun dari sebelumnya 51,8 di Mei 2021. Penurunan nilai indeks ini didorong oleh penurunan nilai produksi dan nilai permintaan yang menurun dalam bulan ini, sehingga mendorong penurunan optimisme pelaku manufaktur di ASEAN.

PMI untuk negara besar di Asia juga telah rilis. Caixin China General Manufacturing PMI tercatat pada posisi 51,3 di Juni 2021, turun dari 52 di Mei 2021. Jibun Bank Japan Manufacturing PMI sebesar 52,4 di Juni 2021, turun dari 53 pada Mei 2021.

Indonesia

Kementerian Keuangan mencatat realisasi serapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) per Semester I 2021 sebesar Rp 237,54 triliun atau 34% dari pagu. Secara rinci, anggaran PEN Kesehatan terealisasi Rp 45,4 triliun (26% dari pagu); Perlindungan Sosial terealisasi Rp 65,36 triliun (44%); UMKM dan Korporasi terealisasi Rp 50,9 triliun (26,3%); Program Prioritas terealisasi Rp 39,79 triliun (31,1%); dan insentif dunia usaha terealisasi Rp 36 triliun (63,5%). Adapun Kemenkeu terus berupaya mendorong realisasi dengan monitoring and review program yang lebih tepat sasaran.

Banggar DPR dan Pemerintah sepakat terhadap pendahuluan RAPBN 2022. Adapun beberapa asumsi makro dasar yang disepakati antara lain pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 ada di rentang 5,2% sampai dengan 5,8%; laju inflasi di antara 2% sampai dengan 4%; tingkat suku bunga obligasi negara tenor 10 tahun di antara 6,32% sampai dengan 7,27%; nilai tukar rupiah di antara Rp 13.900 sampai dengan Rp 14.800; harga minyak mentah di antara US$ 44/barel sampai dengan US$ 70/barel.

Menyusul izin darurat dari BPOM dan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Pemerintah telah memulai vaksinasi Covid19 bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 12-18 tahun. Menurut Menko Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Pemerintah mendukung upaya penanggulangan Covid19 bagi anak usia dini, mengingat masa depan Indonesia akan tergantung dari anak usia tersebut dan penting untuk memitigisi risiko pada SDM Indonesia masa depan.

Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia dari IHS Markit tercatat di posisi 53,5 pada Juni 2021, turun dari posisi sebelumnya 55,3 di Mei 2021. Meski turun, namun angka di atas 50 masih berada pada level ekspansi. IHS Markit mencatat penurunan optimisme ini didorong oleh melemahnya ekspansi bisnis baru di tengah gelombang baru Covid19 di Indonesia.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking