Emerald Daily Update 9 Agustus 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 9 Agustus 2021

Monday, 9 August 2021

"The habit of saving is itself an education; it fosters every virtue, teaches self-denial, cultivates the sense of order, trains to forethought, and so broadens the mind."
–T.T. Munger–

Indikator

Indikator

Global Market

Amerika Serikat (AS) mengeluarkan data tenaga kerja Jumat (6/8) pekan lalu. Data tersebut menunjukkan bahwa ekonomi terbesar dunia telah membuka lapangan kerja baru bagi 943.000 orang dalam sebulan kemarin, atau jauh lebih baik dari estimasi ekonom dalam polling Dow Jones yang mengekspektasikan angka 845.000. Selain itu, angka pengangguran di AS juga mengalami perbaikan dengan level 5.4% dimana angka tersebut berada di bawah estimasi pasar yaitu di level 5.7%. Menurut beberapa ekonom, angka ini dapat saja memperkuat kemungkinan perubahan kebijakan The Fed kedepan, namun tetap The Fed akan memperhatikan kondisi dalam waktu kedepan.

Republik Bolivaria Venezuela mengambil tindakan untuk melakukan redenominasi mata uangnya. Hal tersebut dilakukan Pemerintah Venezuela untuk memperbaiki kondisi ekonomi negaranya yang terus menerus berada dalam jurang resesi. Selama resesi, Venezuela mengalami hiperinflasi yang ribuan persen. Hasil dari inflasi yang tak terkontrol, pemerintah akan memangkas 6 nol di belakang angka pada mata uang mereka Bolivar.

Pemerintah Singapura akan mulai melonggarkan pembatasan terkait Covid-19 minggu depan. Langkah ini diambil saat tingkat vaksinasi meningkat di negara tersebut. Pemerintah mengatakan akan melonggarkan langkah-langkah lebih lanjut sekitar awal September, ketika 80% populasi diperkirakan akan divaksinasi sepenuhnya.

Indonesia

Kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Blok Rokan, Riau akan berakhir dalam dua hari lagi, tepatnya pada Minggu, 8 Agustus 2021. Kemudian, per 9 Agustus 2021 pengelolaan Blok Rokan akan diambil alih oleh PT Pertamina (Persero) melalui unit usaha PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Setelah adanya kabar positif dari tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Q2, kabar positif lainnya dating dari insentif PPN diperpanjang hingga Desember 2021. Sebagaimana diketahui, pemerintah membebaskan PPN untuk rumah tapak dan rumah susun yang dibanderol mulai Rp 300 juta hingga Rp 2 miliar. Langkah pemerintah menanggung PPN itu berlaku untuk hunian siap hunian dan penyerahan di rentang Maret-Agustus 2021. Diharapkan dengan adanya aturan ini, bisnis properti di Indonesia kembali membaik dan menyumbang kontribusi bagi pemulihan ekonomi.

Pada jumat (6/8) Bank Indonesia (BI) mengumumkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2021 yang tercatat sebesar 137,3 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Juni 2021 sebesar 137,1 miliar dolar AS. Posis tersebut setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Peningkatan posisi cadangan devisa pada Juli 2021 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking