Emerald Daily Update 18 Agustus 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 18 Agustus 2021

Wednesday, 18 August 2021

"Be brave. Take risks. Nothing can substitute experience."
–Paulo Coelho–

Indikator

Indikator

Global Market

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin, 16 Agustus 2021. Selanjutnya, Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah telah bertemu dengan para pimpinan partai untuk bekerja sama menghadapi masalah ekonomi dan pandemi. Diberitakan CNBC, saat ini belum ada anggota parlemen yang memiliki dukungan mayoritas.

Setelah kelompok Taliban menguasai Kabul, Ibu Kota Afghanistan, warga setempat berbondong-bondong memenuhi bandara berupaya mencari penerbangan keluar dari Afghanistan. Diberitakan bahwa Presiden Ashraf Ghani telah pergi ke Tajikistan, selanjutnya Gubernur Bank Sentral Ajmal Ahmady juga telah meninggalkan Afghanistan.

Pemerintah Amerika Serikat diberitakan tengah berencana untuk memberikan vaksin booster kepada rakyatnya mulai September 2021. Rencana tersebut saat ini masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA). Tadi malam, rilis data Penjualan Ritel AS (Retail Sales Advance) per Juli 2021 mengalami minus 1,1% mom, jauh dibawah angka bulan lalu yang positif sebesar 0,6% mom. Realisasi ini bahkan di bawah prediksi pasar sebesar minus 0,3% mom.

Indonesia

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM level 4 di Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021. Adapun beberapa perubahan kebijakan antara lain rumah ibadah dibuka untuk kapasitas 50%, warung makan dapat menampung maksimal 3 orang dengan waktu makan 30 menit, pusat perbelanjaan dapat beroperasi 50%. Terdapat 8 kabupaten/kota yang turun ke level 3, yaitu Cilegon, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Purworejo, Kendal, Demak, Wonosobo, dan Nganjuk.

Adapun keseluruhan penambahan kasus Covid19 telah melandai, dimana kasus harian tertinggi terjadi pada 15 Juli 2021 sebanyak 56,757 kasus, dan per kemarin penambahan sebesar 20,741 kasus. Bed Occupancy Ratio (BOR) di Rumah Sakit Darurat Covid19 Wisma Atlet juta turun, tertinggi 97% pada 30 Juli 2021, saat ini sebesar 19,04%. Sebelumnya, Pemerintah telah mengeluarkan aturan harga tertinggi tes PCR sebesar Rp 495 ribu di Jawa-Bali dan Rp 525 ribu di luar Jawa-Bali. Hasil tes juga diatur maksimal keluar 1 x 24 jam setelah pengetesan dilakukan.

Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya di Gedung DPR/MPR dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, menyebutkan bahwa Rancangan APBN 2022 telah diajukan kepada DPR. Beberapa asumsi makro yang menjadi acuan antara lain: (1) Pertumbuhah ekonomi Indonesia 2022 sebesar 5,0%-5,5% yoy; (2) Nilai Tukar Rupiah 14.350/US$; (3) Tingkat Suku Bunga SUN 10 Tahun 6,82%; (4) Defisit APBN 4,85% (Rp 868 triliun) terhadap PDB; (5) Target Pendapatan Negara Rp 1.840,7 triliun dan Belanja Negara Rp 2.708,7 triliun.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking