Emerald Daily Update 1 November 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 1 November 2021

Monday, 1 November 2021

"If you live for having it all, what you have is never enough."
–Vicki Robin–

Indikator

Indikator

Global Market

Pekan ini Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau yang dikenal dengan Federal Reserve (The Fed) akan mengumumkan kebijakan moneternya. The Fed diperkirakan akan mengumumkan tapering atau pengurangan nilai program pembelian aset (Quantitative Easing/QE) pada pengumuman Kamis (4/11) dini hari waktu Indonesia. Pasar memprediksi The Fed akan melakukan tapering sebesar US$ 15 miliar setiap bulannya, dari nilai saat ini sebesar US$ 120 miliar. Sehingga memerlukan waktu 8 bulan hingga QE menjadi nol alias selesai.

Subvarian strain delta Covid-19 yang baru-baru ini ditemukan kini merupakan 10% dari kasus baru di Inggris. Akan tetapi para ilmuan menghimbau pada masyarakat untuk tidak panik. Dikenal sebagai AY.4.2, ada beberapa kekhawatiran bahwa varian ini bisa menular 10% lebih cepat daripada strain delta asli, tetapi sejauh ini tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa inilah masalah utamanya. Meskipun meningkat, pejabat kesehatan masyarakat di Inggris telah menekankan bahwa sejauh ini, AY.4.2 tampaknya tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah atau membuat vaksin yang ada menjadi kurang efektif.

Singapura terancam krisis listrik. Demi mencegah negara gelap gulita, pemerintah Singapura berencana untuk mulai mengimpor tenaga listrik dari negara sekitarnya. RI menjadi salah satu negara yang akan mengirimkan listriknya ke sana. Nantinya Singapura akan mengimpor sebanyak 100 megawatt (MW) pasokan listrik dari pembangkit tenaga surya yang berlokasi di Pulau Bulan, Provinsi Kepulauan Riau, dimulai pada 2024 mendatang. Untuk tahapan teknis, nantinya konsorsium yang dipimpin oleh Perusahaan pembangkit listrik Pacific Light Power akan menghubungkan pembangkit listrik tenaga surya di Pulau Bulan ke pembangkit listrik Pacific Light Power yang berada di Singapura.

Indonesia

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa berada di atas 4,0%. Menurut Perry, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini ditopang ekspor dan investasi. Aspek-aspek lain adalah stimulus fiskal, bantuan sosial, dan lain-lain. Tantangan sekarang, lanjut Perry, adalah pemulihan kredit dan pembiayaan dari perbankan. Sejauh ini mulai ada tanda kenaikan kredit, 2,2% pada bulan Agustus dan bisa naik 4%-6% tahun ini.

Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat industri manufaktur Indonesia bergairah. Aktivitas manufakturpun mencatat rekor tertinggi. Hari ini, IHS Markit melaporkan aktivitas manufaktur yang diukur dengan Purchasing Managers' Index (PMI) di Indonesia pada Oktober 2021 adalah 57,2. Melesat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 52,2 sekaligus menjadi catatan tertinggi sepanjang sejarah.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking