Emerald Daily Update 15 November 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 15 November 2021

Monday, 15 November 2021

"The biggest risk of all is not taking one."
–Mellody Hobson–

Indikator

Indikator

Global Market

Salah satu raksasa property China, Evergrande berhasil lolos dari gagal bayar untuk dua oblgiasi yang dimilikinya. Isu keuangan sudah lama menerpa Evergrande, hinggga bantuan dari pemerintah China untuk meyakinkan investor bahwa kondisi bisnis properti tetap baik di China, tak jua membuat Evergrande lepas dari jeratan gagal bayar. Evergrande berutang pembayaran bunga kepada investor dengan total hampir US$ 150 juta atau setara dengan Rp 2,15 triliun (kurs Rp 14.300,-/US$) pada tiga obligasi, dengan masa tenggang untuk pembayaran tersebut akan berakhir pada hari Rabu lalu.

Meredam ketegangan antara dua kekuatan besar dunia saat ini, Presiden AS Joe Biden akan mengadakan pertemuan virtual dengan pemimpin China Xi Jinping. Gedung Putih mengatakan, pembicaraan yang diharapkan Washington akan menciptakan stabilitas di tengah meningkatnya ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia. Washington dan Beijing telah berdebat tentang masalah-masalah mulai dari asal mula pandemi COVID-19 hingga perluasan persenjataan nuklir China. Para pejabat AS percaya keterlibatan langsung dengan Xi adalah cara terbaik untuk mencegah hubungan yang meningkat ke arah konflik.

Indonesia

Krisis chip semikonduktor yang terjadi di global ternyata menjadi hantu bagi dalam negeri. Tingginya permintaan terhadap barang ini membuat kelangkaan untuk produksi alat teknologi seperti smartphone dan laptop. Berdasarkan statistik terbaru industri pembiayaan yang diunggah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kredit barang elektronik mengalami kenaikan dari Rp 3,49 triliun ke Rp 3,77 triliun. Dengan adanya kelangkaan chip semikonduktor maka ada kemungkinan penurunan ekspansi pembiayaan di sektor elektronik. Untuk mengatasinya, Kemenperin mengambil langkah menurunkan biaya-biaya logistik dan pemerintah berencana membangun industri kontainer logistik dengan bekerja sama dengan PT. Krakatau Steel.

Upaya dunia untuk menurunkan emisi gas karbon pasti memengaruhi penggunaan kendaraan bermotor, salah satunya penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia (aturan kadar kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin). Di Indonesia, hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Pajak yang dikenakan untuk kendaraan bermotor tidak lagi berdasarkan barang mewah melainkan emisi gas buangnya. Di mana kendaraan yang memiliki emisi gas rendah akan lebih kecil pula pajaknya.

Penanganan Covid di Indonesia dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia saat ini. Adapun penambahan kasus harian pada Minggu (14/11) tercatat 339 kasus baru. Tambahan itu lebih rendah dibandingkan dengan kemarin yang tercatat 359. Namun dengan penurunan kasus ini diharapkan masyarakat tidak menjadi lengah karena adanya kasus varian baru yang bisa masuk ke RI kapan saja.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market 12 November 2021).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking