Emerald Daily Update 13 Desember 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 13 Desember 2021

Monday, 13 December 2021

"The best chance to deploy capital is when things are going down."
–Warren Buffet–

Indikator

Indikator

Global Market

Pemerintah China diprediksi akan kembali memberikan stimulus ekonomi pada awal 2022. Hal ini diungkapkan beberapa ekonom yang melihat Pemerintah China masih perlu untuk melakukan stabilisasi ekonomi dan menghentikan tekanan ekonomi yang berturut-turut menekan China. Tekanan terhadap industri properti diperkirakan tetap ada karena memang tekanan ekonomi di sana masih kuat dan berdampak kepada kemampuan konsumsi untuk properti. Pada konferensi tahunan ekonomi China, pembuat keputusan di sana menyampaikan prioritas utama mereka adalah stabilitas ekonomi dan menjaga fleksibilitas moneter mereka.

Beberapa pelaku manufaktur Jepang mengungkapkan bahwa mereka kurang optimis menghadapi kondisi di bulan-bulan mendatang karena ketidakpastian dari varian Omicron. Salah satu alat ukur optimisme di Jepang, yaitu survey optimism capped masih menunjukan angka 13, dimana angka tersebut masih berada di bawah level yang pernah mereka capai di tahun 2018, yaitu 18, mengutip dari Bloomberg.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengingatkan Inggris akan menghadapi gelombang pasang varian Omicron, dan dua dosis vaksin Covid-19 tidak akan cukup untuk menahannya. Untuk itu, Inggris mempercepat program peluncuran booster vaksin Covid-19. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), kasus mingguan di Inggris masih menjadi yang paling tinggi di dunia. Oleh sebab itu, Johnson meminta untuk warganya tetap melakukan pekerjaan dari rumah dan membatasi kegiatan.

Indonesia

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono, memperkirakan tingkat inflasi di sepanjang tahun ini berada di kisaran 1.64% yoy. Mengutip KONTAN, inflasi bulanan akan naik 0.34% dan hal ini didorong oleh kenaikan beberapa komoditas seperti cabe rawit, minyak goreng dan cabe merah. Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor dan Permendag Nomor 20 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor yang telah berlaku pada 15 November 2021. Salah satu perubahan penting yang dimuat dalam Permendag tersebut adalah perizinan melalui sistem Indonesia National Single Window (INSW). Hal ini ditujukan untuk membuat perizinan semakin mudah dan cepat dengan integrasi INATRADE ke sistem INSW. Sampai 11 Desember 2021 Pukul 19.00 WIB, dari 4,548 permohonan yang masuk ke sistem INSW, sebanyak 3,882 permohonan telah diterima oleh INATRADE, berdasarkan rilis KONTAN.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking