TIPS PENGAMANAN TRANSAKSI


Setelah beredarnya berita mengenai penipuan transaksi melalui channel Internet Banking yang menerpa beberapa Nasabah Bank di Indonesia, ada baiknya Anda para Nasabah BNI untuk berhati-hati dalam bertransaksi melalui channel e-Banking dan mengikuti tips aman bertransaksi melalui BNI e-Banking. Berikut adala beberapa tips untuk meminimalisir kejahatan online yang dapat terjadi pada kita.

 

Headline image

Waspada phising image

 

Phising adalah salah satu cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi rahasia nasabah seperti user ID, PIN dan Data Pribadi dengan beberapa cara antara lain:

                                                                                                        

 

  • Membuat situs palsu yang memiliki alamat dan tampilan mirip dengan situs resmi milik bank.

  • Mengirim email atau SMS yang menginformasikan URL link atau login screen atau meminta nasabah login dengan cara memasukkan user ID dan PIN

 

Tips :

  • Pastikan Anda mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id.

  • Hindari mengakses halaman web dengan meng-kilk alamat URL / link yang mengarahkan untuk membuka halaman web palsu.

 

Apabila Anda merasa halaman web yang anda kunjungi berbeda dari halaman web resmi milik bank segera hentikan transaksi dan segera hubungi BNI Call di 1500046.
 

 

Waspada malware image

Malware image

 

Malware (malicious software), merupakan software berbahaya yang dibuat untuk merusak, menghapus sistem, menyembunyikan bahkan mencuri data.

 

 

 

Virus adalah program yang menginfeksi sebuah komputer yang dapat merusak sistem, aplikasi dan data yang tersimpan pada komputer Anda. Biasanya melekat pada file yang memerlukan eksekusi dari pemilik komputer.

 

 

Worm adalah sejenis virus yang memiliki kemampuan menggandakan dirinya sendiri. Jika worm sudah memasuki komputer atau jaringan komputer, maka worm dapat berpindah ke komputer lain dalam jaringan secara otomatis.

 

 

Spyware adalah program pengintai yang bertujuan untuk mencuri data rahasia seperti user ID dan password.

 

 

Trojan sejenis virus yang menyamar sebagai berkas lain yang aman sehingga dapat mengelabui pengguna komputer. Trojan yang menginfeksi komputer dapat merusak atau mencuri informasi penting, termasuk user ID dan password.

 

 

 

Tips :

  • Pastikan komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm. trojan atau spyware dan lakukan scanning dengan software anti virus secara rutin.

  • Hindari mengakses atau men-download file / program di halaman web yang tidak dikenal / tidak dapat dijamin keamanannya.

  • Pastikan firewall pada sistem operasi di komputer Anda dalam keadaan aktif atau install personal firewall untuk mengamankan komputer Anda.
     

Untuk kenyamanan dan keamanan Anda bertransaksi di BNI Internet Banking, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah.

  • Gambar dibawah merupakan contoh tindak penipuan yang disebut sinkronisasi token yang meminta Anda untuk menginput BNI e-Secure/m-Secure Anda. Jika Anda menemukan hal ini, STOP / HENTIKAN TRANSAKSI dan segera hubungi BNI Call di 1500046.
     

Image Contoh

 

  • Pastikan komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm. trojan atau spyware. Hindari untuk mengakses BNI Internet Banking dari warnet atau jaringan/computer yang tidak dapat dipastikan keamanannya.

  • Pastikan Anda mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id.

  • Sebaiknya Anda tidak mengakses BNI Internet Banking di warnet (warung internet) atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.

  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan petugas bank/petugas BNI melalui telepon, faks atau email yang menanyakan data pribadi termasuk password Internet Banking dan PIN BNI e-Secure/m-Secure. Karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.

  • Gunakanlah fasilitas virtual keyboard saat mengetikkan password anda untuk menghindari tindak kejahatan pencurian informasi (keylogger).

  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima telah sesuai.

  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.

  • Jaga kerahasiaan password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure Anda dan lakukan penggantian password BNI Internet Banking Anda secara berkala.

  • Apabila Anda menemukan hal yang tidak biasa saat mengakses halaman web BNI Internet Banking, segera hentikan transaksi Anda dan segera hubungi BNI Call di 1500046.

 

Transaksi ATM image

Untuk kenyamanan dan keamanan Anda bertransaksi di BNI ATM, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

 

  • Mengganti PIN ATM Anda secara berkala

  • Jangan menerima pihak yang menawarkan bantuan di ruang ATM

  • Jangan meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN Anda kepada orang lain.

  • Petugas bank / Petugas BNI tidak pernah meminta PIN dari Nasabah

  • Hindari mencatat PIN Anda dimanapun misal; di kartu debit dan dompet Anda.

  • Menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat Anda memasukkan PIN ke ATM

 

Transaksi SMS Banking Image

Untuk kenyamanan dan keamanan Anda bertransaksi di BNI SMS Banking, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Pastikan SMS yang Anda terima dari 3346. BNI hanya menggunakan nomor tersebut untuk layanan BNI SMS Banking. Hapus sent item Anda pada menu message ponsel Anda setelah mengirim SMS ke 3346

  • Jangan beritahu PIN BNI SMS Banking Anda kepada orang lain termasuk petugas bank atau keluarga.

  • Hindari mencatat nomor PIN BNI SMS Banking dimana pun.

  • Segera hubungi BNI Call di 1500046 apabila nomor ponsel yang terdaftar BNI SMS Banking hilang.

  • Apabila transaksi Anda tidak mendapatkan balasan dari 3346, untuk menghindari double transaksi, silahkan hubungi BNI Call di 1500046 untuk melakukan pengecekan.