Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Pengumuman

Frequently Asked Questions (FAQ) QRIS

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)


  1. TENTANG QRIS

    Apa Itu QRIS?

    QRIS (Quick Response Indonesian Standard) adalah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi seluruh aplikasi pembayaran melalui kode QR yang sudah terstandarisasi oleh Bank Indonesia (BI), sehingga dengan 1 kode QR yang sama dapat digunakan oleh aplikasi pembayaran kode QR yang berbeda-beda. QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).


    Siapa saja yang dapat melakukan pembayaran melalui QRIS?

    Seluruh pengguna aplikasi pembayaran kode QR dari perbankan atau fintech seperti LinkAja, Gojek, Dana, OVO, dan sebagainya.


    Bagaimana cara transaksi menggunakan QRIS?

    Install/update aplikasi pembayaran kode QR dari perbankan atau fintech → Buka menu pembayaran → Scan QRIS (Sticker/Tentcard QRIS) → Masukkan nominal yang harus dibayarkan → Cek kembali konfirmasi nominal transaksi yang dilakukan → Masukkan PIN aplikasi → Pembayaran Berhasil.


    Bagaimana cara mengetahui bahwa bisa transaksi dengan QRIS?

    Seluruh merchant yang menerima transaksi dengan QRIS akan menampilkan Sticker/Tentcard berlogo QRIS dan GPN.


    Apakah ada biaya untuk pembayaran QRIS?

    Tidak ada biaya tambahan untuk konsumen saat melakukan transaksi menggunakan QRIS.


    Pembayaran QRIS dapat dilakukan dimana saja?

    Pembayaran QRIS dapat dilakukan di seluruh merchant dengan kode QR berlogo QRIS.


    Mengapa perlu adanya Standar Nasional QR Code?

    Standar Nasional QR Code diperlukan untuk mengantisipasi inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran menggunakan QR Code yang berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri sistem pembayaran, serta untuk memperluas akseptasi pembayaran nontunai nasional secara lebih efisien. Dengan satu QR Code, penyedia barang dan jasa (merchant) tidak perlu memiliki berbagai jenis QR Code dan berbagai penerbit.


    Apa saja komponen yang diatur dalam QRIS?

    QRIS terdiri dan spesifikasi QR Code Merchant Presented Mode dan didukung oleh spesifikasi interkoneksi penyelenggara.


    Apakah yang dimaksud dengan Metode Merchant Presented Mode?

    Pada metode QR Code Merchant Presented Mode, merchant menampilkan QR Code yang kemudian discan dengan menggunakan ponsel konsumen. Metode ini terdiri dan 2 media display yaitu :

    1. Statis
      • QR Code ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lain.
      • QR Code yang sama digunakan untuk setiap transaksi pembayaran.
      • QR Code belum mengandung nominal pembayaran yang harus dibayar, sehingga memerlukan input jumlah nominal.
    2. Dinamis
      • QR Code ditampilkan melalui struk yang dicetak mesin EDC/ditampilkan pada layar monitor.
      • QR Code yang berbeda dicetak untuk setiap transaksi pembayaran.
      • QR Code telah mengandung nominal pembayaran yang akan dibayar.

    Apakah QRIS merupakan standar yang kompatibel dengan standar internasional?

    QRIS disusun dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Standar mi diadopsi untuk mendukung interkoneksi yang Iebih baik dan bersifat open source1 serta mengakomodasi kebutuhan spesifik negara sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara. Saat mi standar tersebut juga telah digunakan di berbagai negara seperti India, Thailand, Singapore, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan lain-lain.


    Apa saja persyaratan sebagai penyelenggara QR Code Payment?

    Seluruh penyelenggara QR Code wajib memperoleh persetujuan Bank Indonesia untuk menerapkan layanan bebasis QR dengan mengacu pada ketentuan mengenai QRIS yang berlaku. Syarat utama antara lain kehandalan sistem dan aplikasi, kemampuan mengindentifikasi dan mengantisipasi risiko, kemampuan melindungi nasabah seperti penyelesaian sengketa yang mudah dan tentunya kemampuan memonitor transaksi di merchant dan nasabah yang mumpuni serta proses Know Your Customer (KYC) pada registrasi nasabah dan merchant yang benar.


  2. QRIS UNTUK KONSUMEN

    Siapa saja yang dapat menggunakan QRIS?

    Siapapun yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan pembayaran melalui QRIS.


    Bagaimana cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS?

    Konsumen dapat memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel mereka. Selanjutnya konsumen melakukan registrasi ke salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dan memastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi. Melalui aplikasi, selanjutnya konsumen melakukan ScaFI QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, melakukan otorisasi transaksi dan kemudian melakukan konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang dan/atau jasa.


    Aplikasi pembayaran apa saja yang dapat menggunakan QRIS?

    Konsumen dapat menggunakan aplikasi uanp elektronik Server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran menggunakan QR Code.


    Bagaimana saya mengetahui apakah QRIS aman untuk di-scan?

    Konsumen harus membudayakan untuk menggunakan pembayaran QR dan memverifikasi keakuratan tiap kali melakukan pembayaran. Saat mengunduh aplikasi pembayaran menggunakan QRIS, konsumen hanya boleh menggunakan aplikasi PJSP yang authorized sesuai petunjuk masing-masing PJSP. Aplikasi PJSP memiliki fitur keamanan untuk membantu mendeteksi dan mencegah fraud transaksi ke merchant palsu. Setelah memindai QRIS, konsumen harus memeriksa bahwa nama merchant yang ditampilkan pada aplikasi pembayaran mereka cocok dengan nama merchant yang ditampilkan di atas label QRIS. Setelah pembayaran berhasil, konsumen akan segera menerima notifikasi pembayaran. Demikian pula, pedagang juga akan menerima notifikasi.

    Jika konsumen mencurigai adanya penipuan atau permasalahan dalam melakukan transaksi, segera hubungi PJSP terkait. Sumber pendanaan untuk aplikasi pembayaran dapat berupa kartu kredit, kartu debit, uang elektronik, atau rekening tabungan sesuai dengan fitur yang dimiliki masing-masing aplikasi PJSP.


    Apakah terdapat biaya tambahan dalam melakukan pembayaran menggunakan QRIS?

    Tidak ada biaya tambahan bagi konsumen saat melakukan pembayaran melalui QRIS.


    Apa yang perlu saya lakukan jika mendapatkan masalah dengan pembayaran QR?

    Jika Anda mengalami masalah dengan pembayaran anda menggunakan QRIS, silakan diskusikan masalah terlebih dahulu denpan penyedia baranp/jasa atau hubungi PJSP terkait.


    Dimana saya dapat menemukan QRIS?

    QRIS dapat ditemukan di pedagang yang menerima pembayaran elektronik melalui QR Code. Pedagang yang menerima pembayaran melalui QRIS akan memiliki logo QRIS di toko mereka.


    Apakah turis dapat membayar menggunakan QRIS?

    Turis yang aplikasinya telah mengadopsi standar EMVCo dapat menggunakan QRIS di semua merchant yang sudah menggunakan QRIS.


    Mengapa konsumen terbantu dengan adanya QRIS?

    Saat ini, konsumen dapat menjumpai beberapa QR Code di satu merchant yang menerima berbagai aplikasi pembayaran elektronik. Hal ini dapat membatasi pilihan konsumen dalam melakukan transaksi. Stiker QR Code yang tidak terorganisir tidak optimal untuk industri. Dengan QRIS, konsumen hanya akan melihat satu QR Code. QR Code ini dapat menerima berbagai opsi pembayaran konsumen.


  3. QRIS BAGI PENYEDIA BARANG DAN JASA (MERCHANT)

    Apa manfaat QRIS bagi Merchant?

    Merchant cukup memasang satu macam QR Code yaitu QRIS yang dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi konsumen yang telah dapat melakukan pembayaran menggunakan QRS.


    Bagaimana cara dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS?

    Untuk menerima pembayaran dengan menggunaan QRIS, merchant dapat menghubungi PJSP yang telah menerapkan QRIS.


    Saya telah memiliki QR code dari salah satu penyedia pembayaran elektronik, apa yang perlu saya lakukan?

    Semua QR code dari penyedia pembayaran elektronik yang telah ada saat ini akan migrasi menggunakan QRIS secara bertahap hingpa 31 Desember 2019. Mulai 1 Januari 2010, merchant akan menggunakan QR yang berlogo QRIS. Jika ada pertanyaan khusus anda dapat menanyakan ke penyedia pembayaran elektronik anda.


    Apakah diperlukan bukti fisik untuk pembayaran melalui QRIS?

    Tidak ada persyaratan untuk bukti fisik dari transaksi QRIS, tetapi merchant dapat menyediakan apabila konsumen menginginkannya. Konsumen yang melakukan pembayaran QR code akan menerima notifikasi di aplikasinya begitu pula dengan merchant.


    Apa yang harus saya lakukan jika terjadi permasalahan konsumen dan/atau aplikasi yang disediakan PJSP bagi merchant?

    Arahkan konsumen untuk menghubungi aplikasi PJSP konsumen, sementara merchant menghubungi PJSP yang membuat QRIS di merchantnya.

Related