TapCash


BNI Tap Cash

Gunakan TapCash untuk Transaksi Pembayaran yang Mudah dan Cepat

TapCash merupakan uang elektronik berbasis chip dari BNI yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai untuk berbagai pembayaran di merchant yang bekerja sama.TapCash dapat diisi ulang dan diterbitkan dalam berbagai bentuk, seperti kartu fisik dan non-kartu (seperti keychain), memiliki fitur, limit, dan layanan produk yang sama.

  1. TapCash dapat dimiliki oleh Nasabah BNI maupun non Nasabah.
  2. Harga kartu reguler TapCash sebesar Rp30.000,-
  3. Pembelian BNI TapCash dapat dilakukan di outlet penjualan sebagai berikut :
    • Kantor cabang BNI terdekat.
    • Minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret dan lainnya.
    • Official store TapCash di e-Commerce seperti Shopee dan Blibli.
    • Seluruh vending machine di halte busway TransJakarta.
    • Seluruh loket dan vending machine di stasiun Commuterline.
    • Mitra kerjasama TapCash seperti gerbang tol dan pelabuhan.
    • Mitra penjualan lainnya yang terus bertambah.
  1. Transaksi pembayaran lebih cepat (transaksi < 2 detik).
  2. Dapat dimiliki oleh Nasabah BNI maupun non Nasabah.
  3. Dapat diisi ulang (top up).
  4. Tidak ada nilai minimum transaksi.
  5. Dapat dipindahtangankan kepada pihak manapun.
  6. Tidak memerlukan PIN dan tanda tangan.
  1. Gerbang tol.
  2. Moda transportasi seperti Transjakarta, MRT Jakarta, LRT, Commuterline hingga Feeder Bus.
  3. Parkir.
  4. Minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret dan lainnya.
  5. Tempat wisata seperti Taman Mini, Taman Safari dan lainnya.
  6. Serta merchant lainnya yang terus diperluas oleh BNI.
  1. Sarana Top Up.
    • wondr by BNI.
    • ATM BNI.
    • SMS Banking.
    • Agen BNI46.
    • Kantor cabang BNI terdekat.
    • Minimarket seperti : Alfamart, Alfamidi, Indomaret dan lainnya.
    • e-Commerce seperti : Tokopedia, Shopee, dan Blibli.
    • Aplikasi uang elektronik basis server seperti : Linkaja, Dana, Gopay, dan lainnya.
    • Vending machine di public area seperti : Halte Transjakarta, Stasiun MRT dan Commuterline.
  2. Sumber Dana Top Up.
    • Secara Tunai

      Minimarket seperti : Alfamart, Alfamidi, Indomaret, vending machine di public area seperti Halte Transjakarta, dan Stasiun Commuterline.

    • Secara Non Tunai

      wondr by BNI, ATM BNI, e-Commerce seperti : Tokopedia, Shopee, dan Blibli serta aplikasi uang elektronik berbasis server seperti : Linkaja, Dana, Gopay dan lainnya.

  3. Cara Top Up Dan Update Balance TapCash.
    • Top Up.
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi.
      • Pilih menu TapCash.
      • Pilih nominal top up.
      • Lakukan pembayaran.
      • Transaksi top up saldo selesai.
    • Update Balance.
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi.
      • Pilih menu TapCash.
      • Pilih cek saldo.
      • Tempel kartu TapCash di reader NFC.
      • Transaksi update balance selesai.
      • *Apabila proses update balance kartu belum berhasil menambah saldo ke kartu TapCash, Pemegang Kartu dapat mengulanginya dengan cara retry update balance hingga 3x.

        *Jika sudah dilakukan retry 3x namun belum berhasil, pemegang kartu dapat tap sekali lagi dan sistem BNI akan refund dana secara otomatis ke rekening sumber top up.

  1. Biaya Top Up
    • Tidak dikenakan biaya untuk di channel BNI.
    • wondr by BNI, ATM BNI, SMS Banking

    • Biaya Rp 1.500,- untuk kerjasama Kemitraan
      • Minimarket seperti : Alfamart, Alfamidi, Indomaret dan lainnya.
      • E-Commerce seperti : Tokopedia, Shopee, Blibli dan lainnya.
      • Aplikasi uang elektronik seperti : Linkaja, Dana, Gopay dan lainnya.
      • Vending machine seperti : Halte Transjakarta, Stasiun Kereta Commuter, MRT dan LRT jakarta.
  2. Limit TapCash
    • Saldo maksimum di kartu Rp2.000.000,-.
    • Maksimum top up per bulan Rp20.000.000,-.
    • Saldo minimum di kartu Rp0,-.
  1. Informasi
    1. TapCash merupakan uang elektronik berbasis chip sebagai pengganti uang tunai yang dapat diisi ulang dan digunakan untuk pembayaran pada merchant-merchant yang bekerjasama dengan BNI.
    2. TapCash diterbitkan dalam bentuk kartu maupun bentuk non-kartu salah satunya KeyChain yang memiliki fitur, limit dan layanan produk sama halnya dengan bentuk kartu.
    3. Pemegang TapCash adalah pihak atau perorangan yang memiliki TapCash.
    4. Transaksi adalah transaksi pembayaran, transaksi isi ulang (top up) dan/atau transaksi lainnya yang ditentukan oleh BNI.
    5. Transaksi pembayaran (purchase) adalah proses pengurangan saldo pada kartu BNI TapCash pada saat membayar transaksi belanja yang dilakukan di penyedia barang atau jasa.
    6. Transaksi isi ulang (top up) adalah transaksi pengisian dana ke dalam kartu BNI TapCash.
    7. Statement print adalah history transaksi BNI TapCash.
    8. Kartu rusak adalah kartu yang tidak dapat digunakan bertransaksi (pembayaran dan top up) meskipun kondisi fisik kartu baik (tidak patah, tergores, dan terkena panas).
  2. Ketentuan
    1. TapCash dapat dipindahtangankan kepada pihak manapun.
    2. Saldo yang terdapat pada TapCash tidak diberikan bunga dan tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
    3. TapCash tidak dapat dipergunakan untuk tujuan lain selain untuk melakukan transaksi.
    4. Apabila TapCash hilang atau dicuri, Bank tidak dapat melakukan pemblokiran, tidak mengganti fisik kartu dan Bank tidak berkewajiban mengembalikan saldo.
    5. Apabila TapCash rusak, Bank tidak dapat melakukan pemblokiran atau melakukan penggantian kartu.
    6. Pemegang kartu hanya dapat menggunakan TapCash untuk melakukan transaksi pembayaran selama dana pada kartu TapCash tersebut mencukupi.
    7. Pemegang kartu wajib menggunakan dan/atau menjaga TapCash sesuai dengan ketentuan dalam panduan penggunaan kartu TapCash.
    8. Simpanlah TapCash dengan baik agar tidak rusak karena patah, tergores, dan terkena panas.
    9. Data transaksi dan saldo kartu TapCash yang tersimpan di BNI merupakan data yang sah dan digunakan sebagai acuan, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya oleh pemegang kartu TapCash.
  1. Dalam hal terdapat keluhan dan/atau pertanyaan atas TapCash, maka pemegang kartu dapat mengajukan keluhan dan/atau pertanyaan melalui BNI Call 1500046 atau cabang BNI terdekat.
  2. Pemegang kartu dapat mengajukan keluhan pengaduan transaksi maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja dari tanggal transaksi.
  3. Pemegang kartu melampirkan formulir permintaan dan keluhan Nasabah yang terdapat di cabang BNI serta membawa fisik kartu TapCash.
  4. Penyelesaian pengaduan atas transaksi TapCash akan diselesaikan maksimal 14 (empat belas) hari kerja.
  1. Dengan menggunakan TapCash, pemegang kartu dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam syarat dan ketentuan TapCash ini.
  2. BNI setiap saat berhak melakukan perubahan, penambahan, dan/atau penggantian syarat dan ketentuan TapCash, termasuk jenis dan/atau bentuk layanan maupun ketentuan limit TapCash.
  3. Perubahan, penambahan, dan/atau penggantian tersebut akan diinformasikan melalui sarana resmi milik BNI.
  4. Pemegang kartu TapCash berhak untuk mengakhiri sewaktu-waktu penggunan TapCash. Atas pengakhiran penggunaan TapCash, pemegang kartu dapat mengajukan pengembalian saldo di kantor cabang BNI terdekat dengan mengisi formulir permintaan dan keluhan serta menyerahkan fisik kartu TapCash.
  5. Dalam hal sistem/jaringan (network) sedang dilakukan peningkatan, perubahan, dan/atau pemeliharaan secara terjadwal, maka akan diberitahukan melalui sarana resmi BNI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Apabila mengalami kendala dalam penggunaan TapCash, pemegang kartu dapat mengunjungi Kantor Cabang BNI terdekat atau BNI Call di 1500046.
  1. Selain kartu, BNI juga menerbitkan uang elektronik TapCash dalam bentuk non-kartu, yaitu Keychain TapCash.
  2. Keychain TapCash memiliki fungsi dan fitur layanan seperti halnya bentuk kartu, yaitu dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di merchant dan dapat di isi saldo (top up).
  3. Limit dan fitur Keychain TapCash sama dengan bentuk kartu, maksimal saldo Rp2.000.000,-
  4. Berikut contoh Keychain TapCash dan segera bisa didapatkan di official store TapCash.
  5. Keychain Tap Cash

  1. Cara Top Up Di Kanal BNI .
    1
    BNI Tap Cash

    Pilih menu "TapCash" atau “Login” untuk bertransaksi.

    2
    BNI Tap Cash

    Jika login, pilih menu “TapCash”.

    3
    BNI Tap Cash

    Pilih “Top-up atau Cek Saldo”.

    4
    BNI Tap Cash

    Tempel kartu TapCash di area NFC HP.

    5
    BNI Tap Cash

    Pilih denom top up atau ketik sesuai nominal yang dibutuhkan. lalu klik “Lanjut” dan masukkan PIN transaksi Wondr.

    6
    BNI Tap Cash

    Top up berhasil akan muncul menu seperti terlampir, lalu klik “Update Saldo Kartu” untuk sinkronisasi saldo ke fisik kartu TapCash.

    7
    BNI Tap Cash

    Update saldo sukses dan saldo bertambah ke kartu TapCash sesuai info terlampir.

  2. Cara Cek Saldo Dan Update Balance Di Kanal BNI.
    1
    BNI Tap Cash

    Pilih menu “TapCash” di menu Wondr.

    2
    BNI Tap Cash

    Pilih “Top-up atau Cek Saldo”.

    3
    BNI Tap Cash

    Tempel kartu TapCash di area NFC HP.

    4
    BNI Tap Cash

    Update saldo sukses dan saldo bertambah ke kartu TapCash sesuai info terlampir.

  3. Cara Top Up dan Update Balance di Kanal Mitra BNI.
    1. Tokopedia
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi Tokopedia.
      • Pilih menu atau ketik TapCash.
      • Pilih menu scan kartu atau ketik nomor kartu TapCash.
      • Pilih nominal top up.
      • Lakukan pembayaran.
      • Transaksi top up saldo selesai.
      • Lakukan update balance dengan cara menempelkan kartu pada reader NFC.
      • Transaksi update balance sukses saldo bertambah ke kartu TapCash.
    2. Shopee
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi Shopee.
      • Pilih menu atau ketik TapCash.
      • Ketik nomor Kartu TapCash di kolom yang tersedia.
      • Pilih nominal top up.
      • Lakukan pembayaran.
      • Transaksi top up saldo selesai.
      • Lakukan update balance dengan cara menempelkan kartu pada reader NFC.
      • Notes : aplikasi shopee belum dapat melakukan proses update balance. Sehingga pengguna TapCash dapat melakukan update balance pada kanal lainnya yang tersedia.
    3. Blibli
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi Blibli.
      • Pilih menu atau ketik TapCash.
      • Pilih menu scan kartu atau ketik nomor kartu TapCash.
      • Pilih nominal top up.
      • Lakukan pembayaran.
      • Transaksi top up saldo selesai.
      • Lakukan update balance dengan cara menempelkan kartu pada reader NFC.
      • Transaksi update balance sukses saldo bertambah ke kartu TapCash.
    4. Linkaja
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi Linkaja.
      • Pilih menu atau ketik TapCash.
      • Pilih menu scan kartu atau ketik nomor kartu TapCash.
      • Pilih nominal top up.
      • Lakukan pembayaran.
      • Transaksi top up saldo selesai.
      • Lakukan update balance dengan cara menempelkan kartu pada reader NFC.
      • Transaksi update balance sukses saldo bertambah ke kartu TapCash.
    5. Gojek
      • Pilih menu uang elektronik pada aplikasi Gojek.
      • Pilih menu atau ketik TapCash.
      • Pilih menu scan kartu atau ketik nomor kartu TapCash.
      • Pilih nominal top up.
      • Lakukan pembayaran.
      • Transaksi top up saldo selesai.
      • Lakukan update balance dengan cara menempelkan kartu pada reader NFC.
      • Transaksi update balance sukses saldo bertambah ke kartu TapCash.