Berita


Jokowi Groundbreaking Kantor BNI di Mini Financial Center IKN

Jokowi Groundbreaking Kantor BNI di Mini Financial Center IKN

Dalam groundbreaking tahap kelima di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut melakukan proses peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan gedung Kantor Bank BNI di kawasan Mini Financial Center IKN, Kamis (29/2/2024). Jokowi menuturkan, kawasan Mini Financial Center ini nantinya akan menjadi klaster industri keuangan dan perbankan.

"Dan, saya senang Bank BNI membangun digital banking di sini untuk mendorong masyarakat kita agar betul-betul lari semuanya ke hal-hal yang berkaitan dengan digital," ujar Jokowi. Menurut dia, transformasi ekonomi di Ibu Kota Nusantara memang harus mendorong seluruh pihak untuk bergeser dari pola ekonomi lama ke pola ekonomi baru. Pasalnya, ia menilai lansekap ekonomi global seluruhnya telah berubah.

"Lansekap politik global juga berubah semuanya. Geopolitik juga berubah semuanya. Sehingga apapun, ibu kota Nusantara ini harus menjadi bagian dari transformasi ekonomi Indonesia," tegas Jokowi. Adapun terkait pembangunan kantor BNI di IKN, mengutip informasi Otorita IKN, gedung ini nantinya akan mengusung konsep blended with nature atau menyatu dengan alam. Menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dengan desain yang merespons kontur tanah, sungai yang mengalir, dan vegetasi alami di sekitarnya.

Tahap I pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada 2026, mencakup digital branch dan ATM Drive Thru. Dengan langkah ini, BNI bersama Otorita IKN coba memulai upaya menjawab kebutuhan layanan perbankan di Nusantara. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan, pembangunan gedung Kantor BNI di IKN ini jadi langkah bersama untuk berperan aktif dalam mendukung kemajuan pembangunan ibu kota baru.
 "Gedung BNI di Nusantara diharapkan menjadi titik awal terbentuknya ekosistem perbankan yang tidak hanya efisien, namun juga ramah lingkungan dan modern di kawasan tersebut" kata Bambang.

Related

Arsip Berita