BNI Siapkan Uang Tunai Rp 29,87 Triliun Jelang Lebaran
Jakarta, 15 Juli 2013. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meningkatkan persediaan uang tunai untuk mengantisipasi bertambahnya kebutuhan masyarakat atas uang tunai selama bulan Ramadhan hingga satu minggu (H+7) setelah hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah atau tahun 2013 Masehi. Persediaan uang tunai yang disiapkan BNI mencapai Rp 29,87 triliun atau meningkat 22% dibandingkan masa Lebaran tahun 2012.
Suwoko Singoastro, Direktur Operasional & Teknologi Informasi BNI, di Jakarta, Senin (15/7/2013) menuturkan, peningkatan jumlah uang tunai yang disediakan BNI tersebut telah mempertimbangkan beberapa indikator, yaitu pertama, pertambahan jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) dan outlet BNI yang saat ini sudah mencapai 8.489 ATM dan 1.649 outlet di seluruh Indonesia. Kedua, mempertimbangkan faktor inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga barang pasca kenaikan bahan bakar minyak dan kenaikan inflasi oleh siklus alami selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Ketiga, memperhitungkan adanya tambahan jaringan ATM BNI setelah terhubung dengan jaringan ATM Prima yang memiliki 50.000 unit ATM mulai tahun 2013. Sebelumnya nasabah BNI bisa bertransaksi di 8.489 ATM BNI, 25.000 ATM LINK, juga 41.000 ATM Bersama.
Selain menaikkan persediaan uang tunai, BNI juga mengintensifkan pemantauan ATM selama 24 jam melalui pusat pemantauan (BNI Command Center), dan pemantauan ATM di setiap Kantor Wilayah yang didukung tim reaksi cepat untuk menangani setiap gangguan. Untuk menjaga dan memastikan ketersediaan uang tunai, ATM BNI akan dipasok ATM Regional Center, perusahaan mitra dan kantor cabang pengelola.
Dari sisi keamanan, ATM BNI telah dilengkapi dengan beberapa komponen pengaman, antara lain kamera CCTV di setiap ruang ATM, PIN Shield (kanopi penutup keypad), alat anti trapping, dan stiker petunjuk dan himbauan transaksi aman. Selain keamanan, BNI juga tetap memberikan kenyamanan nasabah dengan tetap menjaga kebersihan ruang ATM, memelihara lampu dan AC, serta memperbanyak ATM Galery untuk menurunkan tingkat antrian.
Tetap melayani
Ketika masa libur Idul Fitri 1434 H berlangsung, BNI tetap memberikan pelayanan dengan operasional terbatas, yaitu pelayanan terbatas di 111 outlet plus outlet weekend banking pada tanggal 3 Agustus 2013 dan 10 Agustus 2013, serta pelayanan terbatas di 200 outlet antara tanggal 5 Agustus 2013 hingga 9 Agustus 2013. Khusus tanggal 4 Agustus 2013, hanya outlet weekend banking yang melayani, sementara hanya pada tanggal 8 Agustus 2013 atau pada saat hari raya Idul Fitri 1434 H (sesuai keputusan pemerintah) tidak ada outlet beroperasi.
Jenis layanan yang diberikan, antara lain semua transaksi kas (IDR), pemindahbukuan antar rekening BNI, dan setoran Pertamina (BBM dan non-BBM). Dengan tetap membuka layanan, BNI ingin mendukung kegiatan ekonomi di hari libur dapat tetap berjalan. Layanan dimaksud, antara lain dalam hal layanan pembayaran Pertamina untuk mendukung kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM). Outlet yang tetap beroperasi ini diutamakan outlet yang berada di pusat kegiatan ekonomi, seperti mal, pasar, bandara, pelabuhan, stasiun kereta dan tempat lainnya. Demikian diungkapkan Honggo Widjojo Kangmasto, Direktur Jaringan dan Layanan BNI
Untuk memberikan layanan perbankan kepada masyarakat yang tengah melakukan perjalanan mudik, berwisata atau berlibur, BNI akan mengoperasikan mobil BNI Layanan Gerak di lokasi-lokasi strategis, seperti di beberapa titik sepanjang jalur mudik, terminal, stasiun, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya. Mobil BNI Layanan Gerak telah dilengkapi dengan mesin ATM dan customer service untuk melayani kebutuhan transaksi nasabah. Beberapa mobil BNI Layanan gerak juga telah disiapkan untuk melayani penukaran uang kecil yang banyak dibutuhkan masyarakat menjelang Lebaran.
Melalui layanan ATM BNI, nasabah dapat memanfaatkan ratusan fitur transaksi perbankan. Selain ATM, layanan nasabah juga difasilitasi melalui hotline BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888. BNI juga menyediakan layanan elektronik lainnya untuk kemudahan nasabah, yaitu BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking yang dapat dimanfaatkan tanpa keterbatasan waktu dan tempat.
Kenyamaan dan kemudahan yang diberikan BNI ini, diharapkan juga diimbangi dengan kehati-hatian nasabah, terutama pada masa liburan. Diantaranya dengan menjaga kerahasiaan PIN ATM terhadap siapapun, serta memastikan nomer telepon BNI Call yang dihubungi adalah benar. Apabila menghubungi call center, petugas BNI tidak akan pernah menanyakan nomor PIN nasabah.
Istimewa untuk Nasabah BNI
Pada bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran ini, BNI juga memberikan berbagai penawaran yang akan membuat kebersamaan nasabah bersama orang-orang terdekatnya menjadi lebih terasa. Beragam program promo disiapkan BNI untuk lebih memudahkan nasabah memenuhi kebutuhannya itu.
Bagi pemegang kartu kredit BNI, ada 10 tempat rekreasi yang dapat dinikmati dengan diskon harga tiket mulai dari 20% hingga 50%, program buy one get one, maupun program pembelian sejumlah tiket mendapatkan bonus satu tiket. Program ini tersedia di berbagai tempat wisata keluarga baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Selain itu, tersedia juga 17 program diskon 10-50% di beragam restauran dan hotel bagi nasabah yang menyenangi wisata kuliner dan yang sering berpergian. Ada juga tawaran menarik dari butik penyedia produk pakaian yang berkualitas. Untuk mengetahui secara detail program-program menarik itu, informasi dapat diperoleh dari kantor-kantor cabang BNI terdekat atau menghubungi BNI Call di 500046 atau (021) 500046/68888 dari telepon seluler, serta melalui situs www.bni.co.id.
Secara bisnis, berbagai tawaran promo ini juga diharapkan dapat meningkatkan penggunaan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI untuk bertransaksi. Program promo ini pun diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk menjadi nasabah BNI dan menjadi pemilik kartu kredit dan BNI, sehingga akan muncul sumber-sumber dana murah.
Adapun di sisi pembiayaan, BNI juga menyiapkan program BWU Bedug-BWU Berkah sebagai program yang digelar untuk menyambut ramadhan 1434 H, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BMI ke-67, serta menyambut HUT RI ke-68 pada 17 Agustus 2013. Program ini diharapkan akan melanjutkan suksesnya event Rejeki BNI Wirausaha yang berhasil meningkatkan booking BWU secara signifikan. Program ini berlaku pada bulan Juli - Agustus 2013.
Program ini akan meringankan debitur BWU karena membebaskan biaya appraisal. Selain itu, biaya provisi hanya sebesar 0,67% dari maksimum kredit (sesuai dengan HUT BNI ke-67), dan memberikan potongan biaya administrasi menjadi sebesar Rp 68 ribu (sesuai dengan HUT RI ke-68).
BNI Siapkan Uang Tunai Rp 29,87 Triliun Jelang Lebaran
Jakarta, 15 Juli 2013. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meningkatkan persediaan uang tunai untuk mengantisipasi bertambahnya kebutuhan masyarakat atas uang tunai selama bulan Ramadhan hingga satu minggu (H+7) setelah hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah atau tahun 2013 Masehi. Persediaan uang tunai yang disiapkan BNI mencapai Rp 29,87 triliun atau meningkat 22% dibandingkan masa Lebaran tahun 2012.
Suwoko Singoastro, Direktur Operasional & Teknologi Informasi BNI, di Jakarta, Senin (15/7/2013) menuturkan, peningkatan jumlah uang tunai yang disediakan BNI tersebut telah mempertimbangkan beberapa indikator, yaitu pertama, pertambahan jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) dan outlet BNI yang saat ini sudah mencapai 8.489 ATM dan 1.649 outlet di seluruh Indonesia. Kedua, mempertimbangkan faktor inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga barang pasca kenaikan bahan bakar minyak dan kenaikan inflasi oleh siklus alami selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Ketiga, memperhitungkan adanya tambahan jaringan ATM BNI setelah terhubung dengan jaringan ATM Prima yang memiliki 50.000 unit ATM mulai tahun 2013. Sebelumnya nasabah BNI bisa bertransaksi di 8.489 ATM BNI, 25.000 ATM LINK, juga 41.000 ATM Bersama.
Selain menaikkan persediaan uang tunai, BNI juga mengintensifkan pemantauan ATM selama 24 jam melalui pusat pemantauan (BNI Command Center), dan pemantauan ATM di setiap Kantor Wilayah yang didukung tim reaksi cepat untuk menangani setiap gangguan. Untuk menjaga dan memastikan ketersediaan uang tunai, ATM BNI akan dipasok ATM Regional Center, perusahaan mitra dan kantor cabang pengelola.
Dari sisi keamanan, ATM BNI telah dilengkapi dengan beberapa komponen pengaman, antara lain kamera CCTV di setiap ruang ATM, PIN Shield (kanopi penutup keypad), alat anti trapping, dan stiker petunjuk dan himbauan transaksi aman. Selain keamanan, BNI juga tetap memberikan kenyamanan nasabah dengan tetap menjaga kebersihan ruang ATM, memelihara lampu dan AC, serta memperbanyak ATM Galery untuk menurunkan tingkat antrian.
Tetap melayani
Ketika masa libur Idul Fitri 1434 H berlangsung, BNI tetap memberikan pelayanan dengan operasional terbatas, yaitu pelayanan terbatas di 111 outlet plus outlet weekend banking pada tanggal 3 Agustus 2013 dan 10 Agustus 2013, serta pelayanan terbatas di 200 outlet antara tanggal 5 Agustus 2013 hingga 9 Agustus 2013. Khusus tanggal 4 Agustus 2013, hanya outlet weekend banking yang melayani, sementara hanya pada tanggal 8 Agustus 2013 atau pada saat hari raya Idul Fitri 1434 H (sesuai keputusan pemerintah) tidak ada outlet beroperasi.
Jenis layanan yang diberikan, antara lain semua transaksi kas (IDR), pemindahbukuan antar rekening BNI, dan setoran Pertamina (BBM dan non-BBM). Dengan tetap membuka layanan, BNI ingin mendukung kegiatan ekonomi di hari libur dapat tetap berjalan. Layanan dimaksud, antara lain dalam hal layanan pembayaran Pertamina untuk mendukung kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM). Outlet yang tetap beroperasi ini diutamakan outlet yang berada di pusat kegiatan ekonomi, seperti mal, pasar, bandara, pelabuhan, stasiun kereta dan tempat lainnya. Demikian diungkapkan Honggo Widjojo Kangmasto, Direktur Jaringan dan Layanan BNI
Untuk memberikan layanan perbankan kepada masyarakat yang tengah melakukan perjalanan mudik, berwisata atau berlibur, BNI akan mengoperasikan mobil BNI Layanan Gerak di lokasi-lokasi strategis, seperti di beberapa titik sepanjang jalur mudik, terminal, stasiun, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya. Mobil BNI Layanan Gerak telah dilengkapi dengan mesin ATM dan customer service untuk melayani kebutuhan transaksi nasabah. Beberapa mobil BNI Layanan gerak juga telah disiapkan untuk melayani penukaran uang kecil yang banyak dibutuhkan masyarakat menjelang Lebaran.
Melalui layanan ATM BNI, nasabah dapat memanfaatkan ratusan fitur transaksi perbankan. Selain ATM, layanan nasabah juga difasilitasi melalui hotline BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888. BNI juga menyediakan layanan elektronik lainnya untuk kemudahan nasabah, yaitu BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking yang dapat dimanfaatkan tanpa keterbatasan waktu dan tempat.
Kenyamaan dan kemudahan yang diberikan BNI ini, diharapkan juga diimbangi dengan kehati-hatian nasabah, terutama pada masa liburan. Diantaranya dengan menjaga kerahasiaan PIN ATM terhadap siapapun, serta memastikan nomer telepon BNI Call yang dihubungi adalah benar. Apabila menghubungi call center, petugas BNI tidak akan pernah menanyakan nomor PIN nasabah.
Istimewa untuk Nasabah BNI
Pada bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran ini, BNI juga memberikan berbagai penawaran yang akan membuat kebersamaan nasabah bersama orang-orang terdekatnya menjadi lebih terasa. Beragam program promo disiapkan BNI untuk lebih memudahkan nasabah memenuhi kebutuhannya itu.
Bagi pemegang kartu kredit BNI, ada 10 tempat rekreasi yang dapat dinikmati dengan diskon harga tiket mulai dari 20% hingga 50%, program buy one get one, maupun program pembelian sejumlah tiket mendapatkan bonus satu tiket. Program ini tersedia di berbagai tempat wisata keluarga baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Selain itu, tersedia juga 17 program diskon 10-50% di beragam restauran dan hotel bagi nasabah yang menyenangi wisata kuliner dan yang sering berpergian. Ada juga tawaran menarik dari butik penyedia produk pakaian yang berkualitas. Untuk mengetahui secara detail program-program menarik itu, informasi dapat diperoleh dari kantor-kantor cabang BNI terdekat atau menghubungi BNI Call di 1500046 atau (021) 1500046 dari telepon seluler, serta melalui situs www.bni.co.id.
Secara bisnis, berbagai tawaran promo ini juga diharapkan dapat meningkatkan penggunaan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI untuk bertransaksi. Program promo ini pun diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk menjadi nasabah BNI dan menjadi pemilik kartu kredit dan BNI, sehingga akan muncul sumber-sumber dana murah.
Adapun di sisi pembiayaan, BNI juga menyiapkan program BWU Bedug-BWU Berkah sebagai program yang digelar untuk menyambut ramadhan 1434 H, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BMI ke-67, serta menyambut HUT RI ke-68 pada 17 Agustus 2013. Program ini diharapkan akan melanjutkan suksesnya event Rejeki BNI Wirausaha yang berhasil meningkatkan booking BWU secara signifikan. Program ini berlaku pada bulan Juli - Agustus 2013.
Program ini akan meringankan debitur BWU karena membebaskan biaya appraisal. Selain itu, biaya provisi hanya sebesar 0,67% dari maksimum kredit (sesuai dengan HUT BNI ke-67), dan memberikan potongan biaya administrasi menjadi sebesar Rp 68 ribu (sesuai dengan HUT RI ke-68).