Tahukah kamu apa yang terjadi bila rekening tidak aktif (digunakan) dalam waktu 180 Hari?
Nasabah Setia BNI yang kami hormati,
Apabila Anda memiliki Rekening yang tidak pernah digunakan untuk bertransaksi dalam jangka waktu 180 hari, maka rekening tersebut dapat berubah status menjadi Pasif (dormant). Tapi tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa mengaktifkannya kembali dengan mudah!
Berikut penyebab rekening menjadi pasif, cara mengaktifkannya kembali, dan beberapa tips agar rekeningmu tetap aktif dan dapat digunakan kapan saja.
Penyebab Rekening Menjadi Pasif (Dormant)?
Rekening tabungan dinyatakan pasif (dormant) jika selama 180 Hari berturut-turut pada rekening tersebut tidak digunakan untuk transaksi debet dan kredit selain pendebetan dan pengkreditan oleh sistem karena biaya administrasi, denda saldo minimum, pajak dan bunga, dan berlaku untuk nilai saldo berapapun yang ada di rekening. Seluruh transaksi debit tidak dapat dilakukan dan transaksi kredit dibatasi untuk melindungi rekening dengan status dormant. Berikut beberapa penyebab umum rekening menjadi dormant antara lain:
- Jarang digunakan : Rekening yang jarang digunakan karena memiliki beberapa rekening untuk berbagai tujuan.
- Lupa PIN: Nasabah mungkin lupa PIN atau tidak menggunakan layanan perbankan digital seperti mobile banking.
Apa Dampak Jika Rekening Tabungan Pasif (Dormant)?
1. Rekening tabungan pasif (dormant) tidak dapat dilakukan transaksi pendebetan sebagai berikut :
- Penarikan tunai dan pemindahbukuan/transfer melalui e-channel.
- Pembelanjaan di merchant/melalui EDC.
2. Rekening tabungan pasif (dormant) tidak boleh dilakukan aktivasi e-channel.
3. Rekening tabungan pasif (dormant) bisa menerima transaksi transfer masuk selain melalui cabang/outlet BNI (transfer) dari bank lain/transfer dari transaksi e-channel) namun tidak merubah status rekening menjadi aktif.
Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Pasif (Dormant)?
Jika rekening tabunganmu sudah masuk kategori pasif (dormant), jangan khawatir. Kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan mudah melalui beberapa cara:
1. Kunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat : Bawa kartu identitas dan lakukan transaksi setoran atau penarikan di cabang BNI. Setoran minimal yang harus dilakukan adalah Rp100.000,-.
2. Untuk mengetahui Status Rekening Pasif Hubungi BNI Call di 1500046.
Jika kamu ingin mengetahui status rekening, hubungi BNI Call 1500046. Petugas akan memberikan panduan lebih lanjut dan kamu bisa melakukan aktivasi di kantor cabang terdekat.
Cara Mencegah Rekening Menjadi Pasif (Dormant)
Untuk mencegah rekening menjadi dormant, pastikan untuk melakukan transaksi rutin. Lakukan Transaksi melalui wondr by BNI atau channel lainnya untuk kebutuhan transaksi finansial kamu.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan lebih lanjut, silakan menghubungi layanan nasabah kami dibawah ini :
BNI Call |
: |
1500046 |
Website |
: |
www.bni.co.id |
Twitter |
: |
@BNI |
Facebook |
: |
BNI |
Instagram |
: |
@bni46 |
Youtube |
: |
BNI-Bank Negara Indonesia |