BNI Berbagi Ekonomi


BNI Berbagi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi yang berkelanjutan.


BNI Go GreenKAWAN BNIKampoeng BNIRumah BUMN

SOSIAL | EKONOMI | LINGKUNGAN | UMK

Program Kawasan Wisata Anak Negeri (KAWAN)

BNI berupaya mendorong pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi berkelanjutan Indonesia, khususnya di area wisata Indonesia. Melalui program Kawasan Wisata Anak Negeri (KAWAN), BNI fokus melakukan pengembangan pariwisata di tiga lokasi, yaitu Desa Cunca Wulang Labuan Bajo, Desa Kuta Lombok, dan Desa Marinsow Likupang.

Selama tahun 2022, BNI fokus dalam membangun sarana infrastruktur dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengembangan SDM dilakukan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), dan pihak lainnya yang terlibat langsung dalam industri pariwisata. Pengembangan SDM diberikan secara rutin agar dapat memberikan dampak langsung terhadap terbentuknya tata kelola dan pengelolaan wisata di Desa yang merupakan fondasi utama dalam pengelolaan Desa Wisata.

Lebih lanjut, pendampingan yang dilakukan melalui program KAWAN BNI diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan lokal maupun internasional yang secara langsung memberikan dampak kepada peningkatan jumlah wisatawan, serta membentuk ekosistem pariwisata yang mengusung konsep interaksi alam, budaya dan masyarakat lokal dengan tata kelola yang baik. Upaya ini dimulai dari melakukan pengembangan masyarakat (people) hingga atraksi desa (product) yang berdampak pada daya tarik dan kinerja ekonomi masyarakat di lokasi KAWAN BNI.

Related