Berita


PNM Collaborates with BNI Manage Thousands of Employee Salary BNI Prepares Consumer Credit

Jakarta, 6 Juni 2017 - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk menjadi bank umum yang mengelola keuangan para karyawannya, termasuk dalam mengelola pembayaran dan pengelolaan gaji sekitar 5.000 karyawan serta belasan ribu karyawan perusahaan anak PNM. BNI juga menyiapkan berbagai produk pinjaman konsumer yang cocok untuk para karyawan PNM, mulai dari kredit kepemilikan rumah, kredit multiguna, kredit tanpa agunan hingga kartu kredit.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BNI dengan PNM ini dilaksanakan di Jakarta, Selasa (6 Juni 2017). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja dan Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob Tyasika Ananta.

Bob Tyasika Ananta mengungkapkan, ruang lingkup yang tercakup dalam perjanjian kerja sama ini adalah penyediaan layanan pembayaran Gaji (Payroll) dan penyaluran penghasilan karyawan PNM, penyaluran fasilitas kredit konsumer kepada Karyawan PNM, serta penerbitan dan pengelolaan rekening BNI Taplus kepada Karyawan PNM. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk nyata sinergi antar BUMN yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Melalui kerja sama ini, kedua BUMN tersebut dapat mengembangkan kinerjanya, antara lain melalui peningkatan kinerja sumber daya manusia PNM dan pengembangan basis nasabah bagi BNI.

Sebelumnya, BNI dan PNM telah bekerjasama secara erat dalam menyalurkan pembiayaan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan demikian, kerja sama yang dilaksanakan hari ini, merupakan penguatan kerja sama yang telah dijalin sejak lama antara kedua BUMN. Dukungan BNI terhadap PNM juga diberikan melalui perusahaan-perusahaan anak. Seperti penyediaan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan oleh BNI Life.

BNI juga menyiapkan layanan pinjaman khusus bagi pegawai PNM yang dapat dimanfaatkan untuk membiayai berbagai kebutuhan, antara lain BNI Griya untuk membiayai perumahan atau tempat tinggal. Produk lainnya adalah BNI Multiguna yang dapat digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan karyawan PNM.

 

Kartu Multifungsi PNM

 

Kerja sama BNI dengan PNM juga dikembangkan untuk mengarah pada digitalisasi transaksi keuangan di lingkungan PNM. Salah satunya adalah dengan menerbitkan Kartu Multifungsi yang dapat memberikan banyak manfaat, yaitu menjadi electronic money yang di BNI disebut sebagai produk BNI TapCash, kartu yang sama juga berfungsi sebagai kartu identitas karyawan. Sebagai Uang Elektronik, kartu ID Karyawan tersebut dapat digunakan untuk transaksi kartu belanja, pembayaran tol, dan kartu parkir, selain itu juga dapat ditambahkan fungsi non financial seperti Absensi, Kartu Kesehatan, dan Kartu Akses.

Bob Tyasika Ananta mengungkapkan, penerbitan kartu multifungsi ini sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN perihal implementasi penerbitan ID Card BUMN. Penggunaan Kartu ID Card - TapCash ini diharapkan mampu membantu karyawan PNM untuk bertransaksi dengan lebih mudah tanpa membawa uang tunai.

“BNI sebagai partner keuangan dengan total financial solution, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja melainkan dengan strategis melihat kebutuhan kedepan, sehingga BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional PNM baik pengelolaan keuangan perusahaan maupun transaksi yang dilakukan karyawan,” ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat meutanghubungi :
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: bni@bni.co.id

Jakarta, 6 June 2017 - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) or PNM in collaboration with PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) to become public bank manage its employees’ finance, including manage salary payment and management of approximately 5,000 employees and dozens of subsidiary’s employees of PNM. BNI also prepares various loan products to match with PNM employees, ranging from house ownership credit, multi-purpose credit, credit without collateral up to credit card.

The signing of Cooperation Agreement between BNI and PNM was executed in Jakarta, Tuesday (6 June 2017). Present in that occasion the President Director of PNM, Parman Nataatmadja and the Director of Planning and Operational of BNI, Bob Tyasika Ananta.

Bob Tyasika Ananta conveyed, the scope covered in this cooperation agreement are provision of Payroll service and distribution of PNM employee income, distribution of consumer credit facility to PNM Employee, as well as issuance and management of BNI Taplus account to PNM Employee. This cooperation is one of the real synergies between SOEs conducted by both parties. Through this cooperation, both SOEs can develop their performances, among other things through improvement of PNM human resources performance and customer-based development for BNI.

Previously, BNI and PNM have closely cooperated in distributing financing for micro, small and medium (UMKM) business actors. Therefore, cooperation conducted today, is a strengthening to the cooperation has been established since a long time between both SOEs. BNI support over PNM is also provided through subsidiaries, such as provision of life insurance and accident insurance by BNI Life.

BNI also prepares special loan service for PNM employees that can be used to finance various needs, among other things BNI Griya to finance housing or residence. Other product is BNI Multiguna which can be used to finance various needs of PNM employees.

PNM Multi-function Card

Cooperation of BNI and PNM is also developed to lead to financial transaction digitization in PNM environment. One of them is by issuing Multi-function Card that can provide many benefits, namely to be electronic money which in BNI is called as BNI TapCash product, the same card also serves employee identity card. As Electronic Money, the Employee ID card can be used for shopping transaction, toll payment, and parking card, in addition it also has non-financial function such as Attendance, Health Card and Access Card.

Bob Tyasika Ananta conveyed that the issuance of this multi-function card is in the line with direction of Ministry of SOEs regarding implementation of SOEs ID Card issuance. The use of this ID Card - TapCash is expected to be able to assist PNM employees in having easier transaction without carrying cash.

“BNI as financial partner with total financial solution, views customers not only from the current financial needs but also to strategically sees the future needs, so BNI can give integrated solution to all of PNM operational activities both company financial management and transaction performed by employees,” he said.

For more informationn, please contact

Kiryanto, Corporate Secretary BNI

Phone: 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita