BNI Untuk Masyarakat


  • Dukungan UMKM
  • Pertumbuhan Masyarakat
  • Rantai Pasokan dan Praktik Pengadaan

Dukungan Pada UMKM

Dukungan Pada UMKM

BNI senantiasa berkomitmen akan mendukung pembiayaan UMKM yang menjadi salah satu pilar dari perekonomian Negara. Strategi BNI dalam penyaluran UMKM antara lain :

Pemberdayaan UMKM melalui Digitalisasi Ekosistem Segmen UMKM GO Global

BNI terus mendorong Pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi ekosistem segmen UMKM menuju go global. Adapun program yang dilakukan di tahun 2022 di antaranya :
  • Jejak kopi khatulistiwa BNI.
  • BNI millenial smartfarming.
  • BNI desa digital khatulistiwa (BNI dedikasi).

BNI Xpora

BNI Xpora merupakan solusi digital yang ditujukan untuk pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kapasitas bisnisnya. Melalui kantor-kantor cabang luar negeri, BNI dapat menjembatani UMKM untuk melakukan ekspor dan menjangkau potential buyer, seperti acara pameran dalam negeri, pameran luar negeri, maupun melalui business matching. BNI Xpora telah memberikan kemudahan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM melalui program pembiayaan, berupa transaksi ekspor (FAST TREX) dan BNI Wirausaha (BWU) FAST TREX.

Pembiayan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bertujuan untuk membantu pengusaha kecil dengan akses permodalan dan pembinaan usaha. BNI telah memberikan pembiayaan KUR dan secara perorangan maupun klaster atau kelompok usaha sebagai strategi untuk penyaluran KUR.

Dukung UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan

BNI bekerja sama dengan Kemenkomarves dan Kementerian KKP untuk mendorong ekosistem kelautan dan perikanan dengan membentuk klaster-klaster UMKM sektor kelautan dan perikanan secara closed loop ecosystem melalui inklusi keuangan.

Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Masyarakat

Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Masyarakat

BNI berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah berupa program inklusi dan literasi keuangan. Pemerintah berharap, dukungan BNI dapat mengatasi ketimpangan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat ekonomi lemah, dan mengurangi angka kemiskinan. Beberapa program atau kegiatan BNI terkait dukungan literasi dan inklusi keuangan antara lain :

Inklusi Keuangan di Wilayah Terpencil

Di wilayah dengan populasi rendah atau wilayah ekonomi lemah, BNI telah memiliki BNI Agen46, laku pandai (layanan keuangan tanpa kantor untuk keuangan inklusif), dan e-Payment yang dapat dijangkau hingga wilayah terpencil di Indonesia.

Produk Pendukung Inklusi Keuangan

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai jenis kartu bantuan untuk diberikan kepada masyarakat prasejahtera. Melalui kartu ini, Pemerintah berhasil menekan angka kemiskinan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia. Untuk mendukung program pemerintah ini, BNI juga ikut serta dalam menyebarkan kartu, beserta penyaluran dananya. Kartu bantuan yang diberikan seperti Kartu Bansos, Kartu Tani, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Nelayan Kusuka.

Literasi Keuangan

Kegiatan literasi keuangan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan keyakinan (confidence) masyarakat agar mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. BNI bekerja sama dengan banyak pihak untuk memberikan pendidikan literasi keuangan, seperti pengenalan jasa keuangan, produk dan jasa keuangan, manfaat dan risiko produk dan jasa keuangan, serta hak dan kewajiban pengguna jasa keuangan.

Mendukung Pertumbuhan Masyarakat

Mendukung Pertumbuhan Masyarakat

BNI turut mendukung dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan ekonomi dan UMKM kerakyatan. Beberapa program atau kegiatan BNI terkait dukungan tersebut antara lain :

Rumah BUMN

BNI turut menjadi bagian sebagai pelaksana dan mengelola 29 Rumah BUMN di seluruh Indonesia.

Program Kampung Wisata Anak Negeri (KAWAN)

BNI melalui Program Kampung Wisata Anak Negeri (KAWAN) berupaya untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat lokal dengan peningkatan pelayanan wisata berbasis masyarakat di 3 destinasi wisata prioritas.

Penyediaan Sarana Air Bersih dan Sanitasi

BNI berupaya untuk membantu menyediakan sarana air bersih dan sanitasi di 5 daerah di Indonesia untuk membantu masyarakat dalam mengakses ketersediaan air bersih yang cukup.

Kegiatan Filantropi

Beberapa contoh kegiatan filantropi yang telah dilakukan oleh BNI antara lain :
  1. BNI mendukung peningkatan pendidikan penyandang disabilitas dengan memberikan bantuan penyediaan laptop dan peralatan pendidikan.
  2. Meluncurkan program BNI untuk Pegawai Migran Indonesia, yaitu program BNI untuk mendukung pengadaan pendidikan yang inklusif dan setara untuk Pegawai Migran Indonesia.
  3. Memberikan bantuan langsung melalui program Indonesia Pintar.

Rantai Pasokan dan Praktik Pengadaan

Rantai Pasokan dan Praktik Pengadaan

Demi menjaga integritas dalam praktik pengadaan dan rantai pasokan, BNI membuat sistem e-procurement dengan tujuan agar proses pengadaan dapat lebih cepat, efisien, transparan, dan terintegrasi, sehingga dapat memberikan nilai tambah serta meningkatkan daya saing Perusahaan.

Ketentuan yang mengatur pengelolaan vendor mengacu kepada pedoman Perusahaan (PP) pengelolaan rekanan pengadaan barang dan atau jasa, yang telah dipublish elektronik pedoman Perusahaan (BNI-e-PP). Kebijakan pengelolaan vendor juga memuat integritas, sistem manajemen anti penyuapan (SMAP), larangan tindakan diskriminasi terhadap vendor, serta kepatuhan terhadap kode etik.