Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Masyarakat
BNI berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah berupa program inklusi dan literasi keuangan. Pemerintah berharap, dukungan BNI dapat mengatasi ketimpangan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat ekonomi lemah, dan mengurangi angka kemiskinan. Beberapa program atau kegiatan BNI terkait dukungan literasi dan inklusi keuangan antara lain :
Inklusi Keuangan di Wilayah Terpencil
Di wilayah dengan populasi rendah atau wilayah ekonomi lemah, BNI telah memiliki BNI Agen46, laku pandai (layanan keuangan tanpa kantor untuk keuangan inklusif), dan e-Payment yang dapat dijangkau hingga wilayah terpencil di Indonesia.
Produk Pendukung Inklusi Keuangan
Pemerintah telah mengeluarkan berbagai jenis kartu bantuan untuk diberikan kepada masyarakat prasejahtera. Melalui kartu ini, Pemerintah berhasil menekan angka kemiskinan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia. Untuk mendukung program pemerintah ini, BNI juga ikut serta dalam menyebarkan kartu, beserta penyaluran dananya. Kartu bantuan yang diberikan seperti Kartu Bansos, Kartu Tani, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Nelayan Kusuka.
Literasi Keuangan
Kegiatan literasi keuangan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan keyakinan (confidence) masyarakat agar mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. BNI bekerja sama dengan banyak pihak untuk memberikan pendidikan literasi keuangan, seperti pengenalan jasa keuangan, produk dan jasa keuangan, manfaat dan risiko produk dan jasa keuangan, serta hak dan kewajiban pengguna jasa keuangan.
Mendukung Pertumbuhan Masyarakat
BNI turut mendukung dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan ekonomi dan UMKM kerakyatan. Beberapa program atau kegiatan BNI terkait dukungan tersebut antara lain :
Rumah BUMN
BNI turut menjadi bagian sebagai pelaksana dan mengelola 29 Rumah BUMN di seluruh Indonesia.
Program Kampung Wisata Anak Negeri (KAWAN)
BNI melalui Program Kampung Wisata Anak Negeri (KAWAN) berupaya untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat lokal dengan peningkatan pelayanan wisata berbasis masyarakat di 3 destinasi wisata prioritas.
Penyediaan Sarana Air Bersih dan Sanitasi
BNI berupaya untuk membantu menyediakan sarana air bersih dan sanitasi di 5 daerah di Indonesia untuk membantu masyarakat dalam mengakses ketersediaan air bersih yang cukup.
Kegiatan Filantropi
Beberapa contoh kegiatan filantropi yang telah dilakukan oleh BNI antara lain :
- BNI mendukung peningkatan pendidikan penyandang disabilitas dengan memberikan bantuan penyediaan laptop dan peralatan pendidikan.
- Meluncurkan program BNI untuk Pegawai Migran Indonesia, yaitu program BNI untuk mendukung pengadaan pendidikan yang inklusif dan setara untuk Pegawai Migran Indonesia.
- Memberikan bantuan langsung melalui program Indonesia Pintar.