Strategi Cuan Hadapi Window Dressing Akhir Tahun
Fenomena window dressing sering terjadi pada akhir kuartal saat penyampaian laporan keuangan kuartalan untuk memaksimalkan kinerja emiten. Disamping fenomena tersebut, penghujung tahun ini menjadi momen menyambut tahun politik baru yang akan berdampak strategi dan arah kebijakan pertumbuhan ekonomi nasional. Simak strategi jitu peroleh cuan dari alokasi dana Anda, serta rekomendasi produk investasi untuk menangkap peluang keuntungan maksimal.
Window Dressing
window dressing (WD) pada dasarnya merupakan istilah yang digunakan dalam dunia ritel. Istilah ini merujuk pada strategi di mana para pelaku di bidang ritel menghias window display atau etalase kacanya yang berisi produk jualannya dengan semenarik mungkin, untuk bisa menarik minat para calon konsumen, sehingga akhirnya melakukan pembelian.
Khusus di bidang investasi saham, istilah WD merujuk pada bagaimana manajer investasi membeli atau menjual saham pada waktu tertentu, untuk menunjukkan bahwa performa saham itu sedang bagus, bagi manajer investasi, strategi window dressing saham akan meningkatkan performa portofolio saham yang dimilikinya, sebelum diperlihatkan pada para kliennya. Dengan begini, maka para klien akan merasa puas dengan kinerjanya, sehingga jasanya akan digunakan kembali. Hal ini juga akan bisa mendatangkan klien baru, yang tertarik dengan kinerja manajer investasi tersebut.
Sedangkan untuk Perusahaan ataupun emiten, window dressing saham akan bisa membuat isi laporan keuangan semakin cemerlang. Emiten biasanya akan melakukan penjualan saham dengan harga miring atau menghadirkan promo di akhir tahun, guna meningkatkan pendapatan. Dengan begini, maka kondisi kas akan terlihat lebih sehat terhadap peningkatan laba di laporan keuangan.
Window dressing saham biasanya dilakukan di akhir tahun ataupun jelang pergantian tahun. Namun, strategi ini juga tidak mustahil untuk diaplikasikan di akhir kuartal. Pada intinya, pengaplikasian window dressing akan membuat saham Perusahaan jadi terlihat menarik, sehingga para investor tertarik untuk membeli saham alias investasi dana ke Perusahaan tersebut.
Kebanyakan saham-saham yang mengalami fenomena window dressing tergolong sebagai penggerak utama IHSG atau memiliki kapitalisasi besar. Efek window dressing biasanya ditandai naiknya sejumlah saham dengan kenaikan diatas 5-10% hanya dalam satu hari perdagangan bursa.
Untuk memperoleh cuan saat fenomena ini terjadi, pastikan Anda cermat dalam memilih saham, biasanya saham pendorong utama indeks. Tetap pertimbangkan faktor fundamental dan teknikal saham yang Anda pilih karena belum tentu saham yang mengalami window dressing pada tahun sebelumnya akan mengalami pola yang sama pada tahun ini.
Tips berinvestasi menghadapi window dressing saham yang perlu diperhatikan :
- Pilih saham blue chipkarena saham blue chip saat window dressing adalah saham paling berpengaruh terhadap IHSG. Blue chip adalah saham dengan kapitalisasi market di atas 40 triliun, sehingga likuiditasnya bagus atau mudah diperjualbelikan.
- Lakukan analisa fundamental dan analisa teknikal. Teliti sebelum membeli saat window dressing adalah hal yang sangat penting. Lakukanlah analisa fundamental melalui laporan keuangan Perusahaan dan analisa teknikal. Analisa teknikal saham dapat dilakukan dengan melihat pergerakan harga dan melihat harga tertinggi dan terendah pada periode tertentu.
- Alokasikan dana untuk investasi. Sisihkan penghasilan kamu sebesar 10-30% untuk berinvestasi pastikan juga keuangan kamu selalu dalam keadaan sehat.
- Mulailah berinvestasi lebih awal, khususnya untuk kita yang akan mengejar posisi Window Dressing di akhir tahun.
Hubungi Relationship Manager (RM) jika Anda belum memiliki rekening investasi di BNI, atau Anda dapat dengan mudah membuka rekening investasi di BNI Mobile Banking di menu “Rekeningku–Rekening Investasi”. Simak informasi lengkapnya disini.
Investasi kini semakin nyaman dan mudah dalam 1 genggaman saja di BNI Mobile Banking.
Informasi lebih lanjut, hubungi layanan 24 jam BNI Emerald Call 1500098.
#InvestasimpleBNI #BNIEmerald