Tips & Education


Hati-hati Modus Card Trapping saat Bertransaksi di BNI ATM/CRM

Card Trapping

Yth, Nasabah BNI

BNI ATM/CRM masih menjadi pilihan Nasabah pada saat melakukan transaksi tunai seperti Tarik & Setor Tunai, maupun transaksi fitur-fitur lainnya Namun, dibalik kemudahan transaksi Tarik, Setor Tunai dan fitur fitur lainnya yang ada di BNI ATM/CRM, Nasabah harus waspada dan berhati-hati terkait dengan kejahatan di ATM/CRM terutama modus Card Trapping.

Yuk, Kita ketahui lebih jelasnya mengenai Modus Kejahatan Card Trapping di mesin ATM/CRM ini.

Card Trapping adalah tindakan penipuan dengan menjebak kartu debit/kredit nasabah agar tersangkut atau tertelan di mesin ATM/CRM, kemudian dicuri dan disalahgunakan oleh pelaku. Biasanya, pelaku memasang alat jebakan atau mengganjal slot tempat memasukan kartu dengan lidi, besi kecil, atau benda lain serta menempelkan stiker berisi nomor Call Center palsu di sekitar mesin ATM/CRM, agar nasabah dapat menghubungi nomor Call Center palsu tersebut untuk kemudian dipengaruhi sehingga nasabah memberikan data pribadi penting untuk disalahgunakan oleh pelaku kejahatan. Dampaknya Nasabah yang menjadi korban dapat kehilangan saldo pada rekening tabungannya karena ditransaksikan oleh pelaku kejahatan yang menguasai kartu debit/kredit, pin serta data nasabah lainnya terkait kepemilikan rekening di bank.

Lalu, bagaimana cara kita terhindar dari Modus Card Trapping sebelum bertransaksi di BNI ATM/CRM?

1. Pastikan lokasi aman di sekitar BNI ATM CRM. Sebelum bertransaksi, Anda harus memastikan tidak ada orang asing yang sedang mengintai atau mencurigakan di Lokasi sekitar BNI ATM/CRM.

2. Periksa slot kartu pada mesin BNI ATM/CRM sebelum bertransaksi. Pastikan bahwa slot input kartu bukan merupakan tempelan pada mesin, dan tidak ada benda asing atau ganjalan seperti lidi, besi kecil, karet, maupun alat lain di slot kartu mesin BNI ATM/CRM.

3. Jangan paksakan kartu masuk. Jika kartu sulit masuk ke mesin jangan terus dipaksakan dan segera melapor ke petugas BNI terdekat atau hubungi BNI Call 1500046 untuk menginformasikan bahwa terdapat suatu yang mengganjal di mesin BNI ATM/CRM agar tidak ada korban lainnya yang kurang aware atas hal tersebut.

4. Jaga kerahasiaan data pribadi. Apabila kartu Anda tersangkut atau tertelan di mesin BNI ATM/CRM, maka jangan pernah memberikan atau membagikan PIN, nomor kartu, atau CVC/CVV kepada siapapun bahkan yang mengaku sebagai Pihak atau Pegawai BNI.

5. Lakukan Blokir Kartu Anda di wondr by BNI atau melalui nomor resmi BNI Call 1500046 apabila kartu anda sudah tersangkut atau tertelan di mesin BNI ATM/CRM.

6. Waspadai stiker nomor Call Center palsu. Simpan nomor resmi BNI Call 1500046 di ponsel anda dan abaikan tawaran dari pihak lain.

7. Hindari bantuan dari pihak tidak dikenal. Ketika anda mengalami kendala seperti kartu mengalami kesulitan masuk ke mesin, atau kartu tertelan, jangan mudah percaya dengan bantuan sekitar Anda.

8. Tetap tenang. Kondisi panik sering dimanfaatkan oleh pelaku penipuan untuk melancarkan aksinya. Atur nafas terlebih dahulu, kendalikan diri, lalu lakukan langkah yang tepat sesuai kendala yang dialami.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan lebih lanjut, silakan menghubungi layanan resmi nasabah BNI di BNI Call 1500046.

Related