Jakarta, 25 Maret 2013. PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk atau BNI mulai serius memasuki segmen pelayanan untuk kelompok masyarakat pecinta kegiatan bersepeda, antara lain melalui anggota komunitas Bike to Work. Relung bisnis pada kelompok pesepeda ini menjanjikan potensi yang cukup signifikan, terutama untuk pengembangan bisnis kartu BNI.
Oleh karena itu, BNI dan komunitas Bike to Work bekerjasama selama tiga tahun untuk penerbitan Kartu Kredit Affinity BNI-Bike to Work. Produk ini diharapkan dapat memaksimalkan aktivitas Green Banking yang tengah diusung BNI serta menumbuhkan bisnis kartu BNI di satu sisi. Di sisi lain, mendukung program-program yang disiapkan Bike to Work.
Salah satu manfaat yang diperoleh komunitas Bike to Work adalah meningkatnya jumlah donasi kepada Bike to Work yang berasal dari transaksi para pengguna kartu co-branding BNI dan Bike to Work. Donasi itu akan digunakan untuk pembelian sepeda bagi siswa Sekolah Dasar (SD) yang kurang mampu.
Varian kartu yang diterbitkan dalam rangka kerja sama ini adalah Kartu Kredit Affinity BNI-Bike to Work dengan dua versi, yaitu Emas dan Platinum, sesuai dengan voice of customer yang terhimpun oleh BNI selama ini. Permintaan konsumen itu diakomodir oleh BNI karena cocok untuk segment mass dan high community yang peduli untuk menciptakan kualitas hidup lebih baik dengan bersepeda. Dengan demikian, pemilik kartu co-branding ini akan sangat spesifik pada kelompok masyarakat yang berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan.
Dengan adanya kartu co-branding ini, BNI memiliki satu lagi tambahan strategi untuk melakukan penetrasi pasar dalam hal card in force dan sales volume. Co-branding ini juga akan menjadi traffic builder atau pembuka jalan bagi penetrasi produk BNI lainnya seperti Taplus dan Taplus Muda. BNI juga memperoleh manfaat dalam penguatan Corporate Branding sebagai Green Bank karena dapat membina hubungan baik dengan Bike to Work, salah satu nasabah potensial yang mempunyai visi, misi, serta aktivitas yang terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup.
Minat masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan bersepeda menumbuhkan kepercayaan BNI dalam mendongkrak bisnis kartunya, sehingga diperkirakan akan ada 3.000 Kartu Kredit BNI Affinity-Bike to Work dalam tiga tahun ke depan. Kartu-kartu itu diharapkan dapat menciptakan transaksi sekitar Rp 13,5 miliar.
Animo masyarakat terhadap terhadap Kartu Kredit BNI Affinity-Bike to Work diharapkan tinggi karena kartu ini diterbitkan bersama dengan beragam keringanan, seperti BNI Installment bunga ringan, dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan, Free Executive Lounge bagi pemegang kartu kredit Affinity BNI-Bike to Work melalui penukaran 5.000 BNI point rewards.
Hari Kartini
Sebagai bagian dari dukungan BNI terhadap cara hidup sehat dengan bersepeda, BNI juga menjadi sponsor acara "Srikandi Inspirasi Bagi Negeri", yaitu acara yang diselenggarakan oleh Bike to Work dalam rangka memperingati Hari Kartini. Dalam acara ini akan dilakukan touring sepeda dengan rute perjalanan Aceh – Medan – Padang pada tanggal 4 – 21 April 2013. Acara ini akan diikuti oleh 21 perempuan dari seluruh kalangan di Indonesia.
Acara ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup sehat dengan bersepeda, serta mendukung pelestarian lingkungan hidup. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada touring sepeda "Srikandi Inspirasi Bagi Negeri" ini diantaranya adalah :
-
Mengkampanyekan gerakan "membirukan langit" melalui aksi pembagian dan penanaman bibit pohon bersama masyarakat wilayah yang dilewati, sekaligus mendukung kegiatan penghijauan.
-
Eksplorasi kekayaan wisata alam dan sejarah Pulau Sumatera, meliputi 3 (tiga) provinsi yaitu mulai dari Banda Aceh (Nangroe Aceh), Sumatera Utara, dan sampai ke Padang, Sumatera Barat dengan bersepeda.