Kemensos RI & BNI Bentuk e-Warong KUBE Ke-14 Terapkan Sistem Penyaluran Bansos Secara Digital di Semarang
Semarang, 21 Agustus 2016 - Sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta penggunaannya pada Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik (e-Warong KUBE) terus dikembangkan. Kini, Kementerian Sosial RI & PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperluas penerapan sistem tersebut hingga Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut, BNI & Kemensos meresmikan e-Warong KUBE ke-14 sejak program ini pertama kali digulirkan sekitar 3 bulan lalu.
Dengan demikian, sebagian dari para penerima manfaat Bantuan Sosial atau Subsidi pemerintah di Semarang sudah dapat bertransaksi membeli Sembako di e-Warong KUBE) tanpa harus menggunakan uang tunai. Transaksi pembayarannya akan menggunakan uang elektronik yang disiapkan oleh BNI.
Acara Peresmian e-Warong KUBE & Uji Coba Sistem Pembayaran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) & amp; Beras untuk Keluarga Sejahtera (RASTRA) ini dilaksanakan di lokasi e-Warong KUBE & amp;ldquo;Harapan Sejahtera? yang dikelola oleh Mei Supriyanti di Kelurahan Mijen, Semarang, Sabtu (20 Agustus 2016). Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, & Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.
Dengan dibukanya e-Warong KUBE di Semarang, maka hingga saat ini, BNI telah membangun 14 e-Warong KUBE yang tersebar di Malang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jakarta, Solo, Boyolali, & Semarang. Melalui e-Warong KUBE tersebut BNI juga dapat mengembangkan basis nasabahnya, yaitu para penerima manfaat bantuan sosial atau subsidi.
Suprajarto mengungkapkan, Peluncuran Layanan e-Warong KUBE di Semarang ini merupakan yang ke-9 kalinya yang dilakukan oleh BNI, & akan terus berkembang di Indonesia. BNI menaruh komitmen tinggi terhadap beragam program bantuan sosial dari pemerintah, karena BNI lahir & berkembang dari masyarakat ekonomi kecil.
Dengan sistem penyaluran Bantuan Sosial secara digital ini, penerima manfaat bantuan sosial akan mendapatkan banyak manfaat. Dengan KKS, penerima manfaat dapat melakukan transaksi di seluruh jaringan e-e-Warong KUBE, jaringan BNI & jaringan Bank HIMBARA baik Mandiri, BTN, & BRI, serta jaringan Agen-agen 46 yang saat ini sudah mencapai sekitar 12.000 agen.
Untuk membantu pengembangan pasar atas produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Semarang, termasuk yang ada disekitar e-Warong KUBE, BNI menawarkan program pengembangan e-Commerce. Dalam program tersebut, BNI akan mendukung UMKM di sekitar e-Warong KUBE dengan memberikan pelatihan, pen&aan Kredit Usaha Rakyat, hingga pemasaran. Dengan e-commerce ini, produk warga akan dapat dijajakan tidak hanya di Semarang atau Indonesia, bahkan hingga ke seluruh dunia.
Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebutkan, pihaknya menargetkan akan membuka 43 e-Warong KUBE di Semarang hingga akhir tahun ini. & quot;Dengan dibukanya banyak e-Warong KUBE saya berharap masyarakat akan semakin sejahtera, & quot; ujarnya.
Sebelumnya, Peresmian e-Warong KUBE & uji coba KKS telah dilakukan oleh BNI bersama Kementerian Sosial RI, di tujuh kota, yaitu Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, DKI Jakarta, Solo, & Boyolali. Pada uji coba tersebut terdapat beberapa BUMN lain yang dilibatkan, antara lain BULOG, RNI, Petrokimia Gresik, & Pertamina. Kerja sama sinergis antar BUMN tersebut memungkinkan dilakukannya penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital menggunakan KKS untuk transaksi pembelian beras, gula, minyak goreng & tepung.
Pada uji coba di Semarang kali ini pun penyaluran bantuan sosial & subsidi dilaksanakan secara lengkap hingga ke transaksi pembelian barang-barang kebutuhan pokok. Pengelola e-Warong KUBE & penerima manfaat diajak untuk mencoba bertransaksi dengan menggunakan KKS & mesin Electronic Data Capture (EDC). Dengan KKS & EDC itu, penerima manfaat akan memperoleh informasi saldo &a bantuan sosial & subsidi yang mereka miliki, kemudian membelanjakan &a bantuan tersebut di e-Warong KUBE.
Dengan dukungan sistem dari BNI ini, penyaluran bantuan sosial yang diterima masyarakat akan dilakukan secara non tunai, dimana bantuan sosial akan langsung masuk ke rekening penerima manfaat & selanjutnya dapat digunakan untuk membeli barang yang telah ditetapkan di e-Warong KUBE, melakukan tarik tunai, atau tetap disimpan di dalam Tabungan. KKS juga dapat difungsikan sebagai kartu Debit yang dapat bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Sistem penyaluran bantuan sosial & subsidi yang disiapkan BNI ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya, Pertama , sistem penyaluran bantuan sosial & subsidi ini sudah menggunakan mekanisme penyaluran non tunai, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menghendaki agar mekanisme pemberian bantuan sosial dapat terintegrasi dengan sistem digital perbankan, sehingga program bantuan sosial & subsidi dapat disalurkan secara lebih efektif, efisien, transparan & tepat sasaran. Sistem ini juga memungkinkan a&ya monitoring & reporting , yang dapat membantu & memudahkan Kementrian Sosial dalam memantau berbagai program bantuan.
Kedua , KKS merupakan Kartu Multifungsi yang dilengkapi dengan fitur e-wallet yang memungkinkan satu kartu dipergunakan untuk berbagai program bantuan sosial & subsidi. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Sarana Lingkungan (SARLING), Bantuan Familly Support , Bantuan Tenaga Pendamping, & lain sebagainya, termasuk Subsidi Beras Sejahtera (RASTRA). Sistem ini sangat praktis & ekonomis, karena cukup dengan 1 kartu saja untuk segala jenis bantuan/ subsidi.
Ketiga , platform yang dikembangkan ini sangat mendukung terciptanya sinergi BUMN, karena bersifat terbuka ( open system ) sehingga dapat digunakan oleh seluruh bank HIMBARA. Selain itu platform ini juga dapat diintegrasikan dengan BUMN lain yang berperan sebagai supplier bagi agen penyaluran bantuan sosial & subsidi (seperti: Bulog untuk beras, PIHC untuk pupuk, Pertamina untuk LPG 3kg, & RNI untuk gula).
Agen Laku Pandai
Warong yang dikelola oleh Mei Supriyanti digolongkan sebagai Warung Elektronik yang merepresentasikan proses transaksi atau pembayaran yang dapat dilakukan secara non tunai karena menggunakan aplikasi mini-market ?yang terintegrasi untuk pencatatan penjualan & persediaan serta dilengkapi Kartu yang dikembangkan BNI, yaitu KKS.
Pada kesempatan ini, e-Warong KUBE seperti yang dikelola oleh Mei Supriyanti dapat dikembangkan lebih lanjut fungsinya sebagai keagenan Branchless Banking , atau yang disebut sebagai Agen Laku Pandai, untuk memperoleh berbagai manfaat & nilai tambah. Nilai tambah itu antara lain adalah peluang perluasan bisnis pembayaran Listrik, Telpon, Pulsa, & lain sebagainya. Perluasan Agen-agen Laku Pandai akan meningkatkan inklusi masyarakat terhadap lembaga-lembaga keuangan.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp.021-5265526, Email: bni@bni.co.id
Kemensos RI & BNI Bentuk e-Warong KUBE Ke-14 Terapkan Sistem Penyaluran Bansos Secara Digital di Semarang
Semarang, 21 Agustus 2016 - Sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta penggunaannya pada Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik (e-Warong KUBE) terus dikembangkan. Kini, Kementerian Sosial RI & PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperluas penerapan sistem tersebut hingga Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut, BNI & Kemensos meresmikan e-Warong KUBE ke-14 sejak program ini pertama kali digulirkan sekitar 3 bulan lalu.
Dengan demikian, sebagian dari para penerima manfaat Bantuan Sosial atau Subsidi pemerintah di Semarang sudah dapat bertransaksi membeli Sembako di e-Warong KUBE) tanpa harus menggunakan uang tunai. Transaksi pembayarannya akan menggunakan uang elektronik yang disiapkan oleh BNI.
Acara Peresmian e-Warong KUBE & Uji Coba Sistem Pembayaran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) & amp; Beras untuk Keluarga Sejahtera (RASTRA) ini dilaksanakan di lokasi e-Warong KUBE & amp;ldquo;Harapan Sejahtera? yang dikelola oleh Mei Supriyanti di Kelurahan Mijen, Semarang, Sabtu (20 Agustus 2016). Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, & Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.
Dengan dibukanya e-Warong KUBE di Semarang, maka hingga saat ini, BNI telah membangun 14 e-Warong KUBE yang tersebar di Malang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jakarta, Solo, Boyolali, & Semarang. Melalui e-Warong KUBE tersebut BNI juga dapat mengembangkan basis nasabahnya, yaitu para penerima manfaat bantuan sosial atau subsidi.
Suprajarto mengungkapkan, Peluncuran Layanan e-Warong KUBE di Semarang ini merupakan yang ke-9 kalinya yang dilakukan oleh BNI, & akan terus berkembang di Indonesia. BNI menaruh komitmen tinggi terhadap beragam program bantuan sosial dari pemerintah, karena BNI lahir & berkembang dari masyarakat ekonomi kecil.
Dengan sistem penyaluran Bantuan Sosial secara digital ini, penerima manfaat bantuan sosial akan mendapatkan banyak manfaat. Dengan KKS, penerima manfaat dapat melakukan transaksi di seluruh jaringan e-e-Warong KUBE, jaringan BNI & jaringan Bank HIMBARA baik Mandiri, BTN, & BRI, serta jaringan Agen-agen 46 yang saat ini sudah mencapai sekitar 12.000 agen.
Untuk membantu pengembangan pasar atas produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Semarang, termasuk yang ada disekitar e-Warong KUBE, BNI menawarkan program pengembangan e-Commerce. Dalam program tersebut, BNI akan mendukung UMKM di sekitar e-Warong KUBE dengan memberikan pelatihan, pen&aan Kredit Usaha Rakyat, hingga pemasaran. Dengan e-commerce ini, produk warga akan dapat dijajakan tidak hanya di Semarang atau Indonesia, bahkan hingga ke seluruh dunia.
Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebutkan, pihaknya menargetkan akan membuka 43 e-Warong KUBE di Semarang hingga akhir tahun ini. & quot;Dengan dibukanya banyak e-Warong KUBE saya berharap masyarakat akan semakin sejahtera, & quot; ujarnya.
Sebelumnya, Peresmian e-Warong KUBE & uji coba KKS telah dilakukan oleh BNI bersama Kementerian Sosial RI, di tujuh kota, yaitu Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, DKI Jakarta, Solo, & Boyolali. Pada uji coba tersebut terdapat beberapa BUMN lain yang dilibatkan, antara lain BULOG, RNI, Petrokimia Gresik, & Pertamina. Kerja sama sinergis antar BUMN tersebut memungkinkan dilakukannya penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital menggunakan KKS untuk transaksi pembelian beras, gula, minyak goreng & tepung.
Pada uji coba di Semarang kali ini pun penyaluran bantuan sosial & subsidi dilaksanakan secara lengkap hingga ke transaksi pembelian barang-barang kebutuhan pokok. Pengelola e-Warong KUBE & penerima manfaat diajak untuk mencoba bertransaksi dengan menggunakan KKS & mesin Electronic Data Capture (EDC). Dengan KKS & EDC itu, penerima manfaat akan memperoleh informasi saldo &a bantuan sosial & subsidi yang mereka miliki, kemudian membelanjakan &a bantuan tersebut di e-Warong KUBE.
Dengan dukungan sistem dari BNI ini, penyaluran bantuan sosial yang diterima masyarakat akan dilakukan secara non tunai, dimana bantuan sosial akan langsung masuk ke rekening penerima manfaat & selanjutnya dapat digunakan untuk membeli barang yang telah ditetapkan di e-Warong KUBE, melakukan tarik tunai, atau tetap disimpan di dalam Tabungan. KKS juga dapat difungsikan sebagai kartu Debit yang dapat bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Sistem penyaluran bantuan sosial & subsidi yang disiapkan BNI ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya, Pertama , sistem penyaluran bantuan sosial & subsidi ini sudah menggunakan mekanisme penyaluran non tunai, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menghendaki agar mekanisme pemberian bantuan sosial dapat terintegrasi dengan sistem digital perbankan, sehingga program bantuan sosial & subsidi dapat disalurkan secara lebih efektif, efisien, transparan & tepat sasaran. Sistem ini juga memungkinkan a&ya monitoring & reporting , yang dapat membantu & memudahkan Kementrian Sosial dalam memantau berbagai program bantuan.
Kedua , KKS merupakan Kartu Multifungsi yang dilengkapi dengan fitur e-wallet yang memungkinkan satu kartu dipergunakan untuk berbagai program bantuan sosial & subsidi. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Sarana Lingkungan (SARLING), Bantuan Familly Support , Bantuan Tenaga Pendamping, & lain sebagainya, termasuk Subsidi Beras Sejahtera (RASTRA). Sistem ini sangat praktis & ekonomis, karena cukup dengan 1 kartu saja untuk segala jenis bantuan/ subsidi.
Ketiga , platform yang dikembangkan ini sangat mendukung terciptanya sinergi BUMN, karena bersifat terbuka ( open system ) sehingga dapat digunakan oleh seluruh bank HIMBARA. Selain itu platform ini juga dapat diintegrasikan dengan BUMN lain yang berperan sebagai supplier bagi agen penyaluran bantuan sosial & subsidi (seperti: Bulog untuk beras, PIHC untuk pupuk, Pertamina untuk LPG 3kg, & RNI untuk gula).
Agen Laku Pandai
Warong yang dikelola oleh Mei Supriyanti digolongkan sebagai Warung Elektronik yang merepresentasikan proses transaksi atau pembayaran yang dapat dilakukan secara non tunai karena menggunakan aplikasi mini-market ?yang terintegrasi untuk pencatatan penjualan & persediaan serta dilengkapi Kartu yang dikembangkan BNI, yaitu KKS.
Pada kesempatan ini, e-Warong KUBE seperti yang dikelola oleh Mei Supriyanti dapat dikembangkan lebih lanjut fungsinya sebagai keagenan Branchless Banking , atau yang disebut sebagai Agen Laku Pandai, untuk memperoleh berbagai manfaat & nilai tambah. Nilai tambah itu antara lain adalah peluang perluasan bisnis pembayaran Listrik, Telpon, Pulsa, & lain sebagainya. Perluasan Agen-agen Laku Pandai akan meningkatkan inklusi masyarakat terhadap lembaga-lembaga keuangan.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp.021-5265526, Email: bni@bni.co.id