BNI Sediakan Layanan e-PBB untuk Pemkot Surakarta
Surakarta, 26 Mei 2017 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menandatangani Perjanjian Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta kerja sama tentang pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi & Bangunan melalui e-Channel (e-PBB). Layanan e-PBB ini menjadi salah satu bentuk dukungan BNI terhadap program Pemerintah Kota Surakarta untuk menjadikan kota ini sebagai Smart City.
Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan CEO BNI Kantor Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono di Loji Gandrung pada hari Jumat, 26 Mei 2017. Acara tersebut disaksikan oleh Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Bandoe Widiarto, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Surakarta, Laksono Dwionggo.
Pada acara ini secara simbolik dilaksanakan demo transaksi pembayaran PBB melalui berbagai channel BNI.
Kolaborasi Pemerintah Kota Surakarta dengan BNI tersebut semakin mendekatkan rencana Kota Surakarta menjadi salah satu Smart City di Indonesia, yaitu konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien serta memberi kemudahan mengakses informasi bagi masyarakat. Kerja sama seperti ini dapat menjadi model percontohan pengembangan kota di Indonesia yang didukung oleh BNI dengan berbasis pada teknologi informasi (digital system).
“Sebagai bentuk perkembangan layanan dan upaya untuk memperkuat posisi BNI sebagai banking partner untuk Pemerintah Kota Surakarta dalam mewujudkan Smart City, BNI menghadirkan Layanan Perbankan dalam Pembayaran e-PBB. Pembayaran dapat dilakukan lebih mudah melalui teller, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking system, internet banking, dan fasilitas lainnya yang kami sediakan. Dengan demikian, warga Solo pada umumnya dan kalangan wajib pajak pada khususnya dapat melakukan pembayaran tersebut setiap waktu dan dimana saja dengan lebih mudah, nyaman, dan cepat,” ujar Achmad Baiquni.
Melalui e-Channel, BNI juga turut andil dalam program cashless society dan literasi keuangan yang diinisiasi baik oleh Bank Indonesia (BI) maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kedepan, BNI juga akan mengembangkan layanan pembayaran pajak daerah lainnya, retribusi dan layanan produk serta jasa perbankan lainnya melalui e-Channel.
Dengan ditandatanganinya dalam pembayaran e-PBB ini, diharapkan dapat dikembangkan untuk pengelolaan rekening transaksional Giro maupun payroll tambahan penghasilan untuk berbagai sektor yang ada di lingkup Pemerintahan Kota Surakarta, e-Absensi serta memfasilitasi pengembangan e-Commerce sehingga pasar-pasar konvensional akan lebih terbuka luas guna mendukung Pemerintah Kota Surakarta pada tahun 2017 yang menargetkan penerimaan PBB lebih kurang Rp 63 Miliar.
"Kedepan ePajak akan dapat digunakan untuk pembayaran 9 Pajak selain PBB yang diluncurkan hari ini" ujar FX Rudi.
Surakarta adalah kota yang dinamis dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, yaitu 5,5% pada tahun 2016. Berbagai potensi ekonomi dapat memberi peluang bagi masyarakat Surakarta untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah setempat yang nantinya berdampak pada peningkatan pendapatan daerah melalui berbagai jenis pembayaran pajak daerah maupun retribusi.
BNI berkomitmen akan menjadi banking partner bagi Pemerintah Kota Surakarta guna mendukung konsep smart city. Dengan demikian kerja sama BNI dengan Pemerintah Kota Surakarta ini juga dapat menjadi acuhan dan langkah strategis untuk menjadikan BNI sebagai “One Stop Banking Solution” bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Program Cross selling atas semua produk dan jasa keuangan BNI secara menyeluruh merupakan salah satu solusi untuk memberikan layanan yang terbaik dan memenuhi semua kebutuhan masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan.
Konsep Surakarta sebagai smart city tidak akan meninggalkan karakter sebagai kota budaya, sehingga BNI juga berkomitmen untuk melestarikan warisan budaya antara lain membudayakan makanan khas daerah.
Dalam kesempatan tersebut BNI secara simbolik juga menyerahkan bantuan CSR dalam bentuk pembenahan ruang terbuka yang selama ini menjadi wisata kuliner terpadu yang menawarkan aneka kuliner khas kota Solo yang disebut Galabo atau Gladag Langen Bogan sebagai pusat kuliner khas Solo. Diharapkan dukungan BNI akan menjadikan Surakarta sebagai smart city dengan tetap mengedepankan identitas Surakarta sebagai kota budaya dulu, sekarang dan yang akan datang.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: bni@bni.co.id
BNI Provides e-PBB Service for Surakarta City Government
Surakarta, 26 May 2017 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk or BNI and Surakarta City Government, Central Java, signed Memorandum of Understanding on Banking Service Provision and Use as well as cooperation on tax payment particularly Land & Building Tax through e-Channel (e-PBB). This e-PBB service is one form of BNI supports to Surakarta City Government program to make this city as a Smart City.
?The signing of cooperation was done by Mayor of Surakarta, FX Hadi Rudyatmo and CEO of BNI of Yogyakarta Area Office, Arif Suwasono at Loji Gandrung on Friday, 26 May 2017. That event was attended by the President Director of BNI, Achmad Baiquni, the Head Representative Office of Bank Indonesia of Surakarta, Bandoe Widiarto, the Head Office of Financial Service Authority of Surakarta, Laksono Dwionggo.
PBB payment transaction demo through various channels of BNI was symbolically conducted in this event.
The collaboration of Surakarta City Government and BNI closer to the plan of Surakarta City to become one of the Smart Cities in Indonesia, is smart city concept which is designed to help various matters of community activities, particularly in the effort to manage the available resources efficiently and to provide facility in accessing information for community. This kind of cooperation can be a city development pilot model in Indonesia supported by BNI based on digital system.
“As the form of service development and effort to strengthen BNI position as banking partner for Surakarta City Government in realizing Smart City, BNI presents Banking Service in e-PBB Payment. Payment can be performed easier through teller, Automated Teller Machine (ATM), mobile banking system, internet banking, and other facility we provide. Therefore, Solo residents in general and among taxpayers in particular can make payment anytime and anywhere easier, comfort, and fast,” said Achmad Baiquni.
Through e-Channel, BNI also participates in cashless society program and financial literacy initiated both by Bank Indonesia (BI) and Financial Service Authority (OJK). In the future, BNI will also develop other regional tax payment service, retribution and product service as well as other banking service through e-Channel.
By the signing of this e-PBB payment it is expected to be able to develop Giro transactional account management and additional income payroll for various sectors available in the scope of Surakarta City Government, e-Absensi as well as to facilitate e-Commerce development so that conventional markets will be more widely open to support Surakarta City Government in 2017 which is targeting PBB revenue of approximately Rp 63 billion.
"In the future e-Pajak will be used for payment of 9 taxes in addition to PBB launched today" said FX Rudi.
Surakarta is a dynamic city with relatively high economic growth, namely 5.5% in 2016. Various economic potentials may provide opportunity for Surakarta people to be more creative in developing the existing potentials, to improve community welfare and economy of local area which will impact regional area improvement through various types of payment of regional tax and retribution.
?BNI is committed to be banking partner for Surakarta City Government to support smart city concept. Therefore cooperation of BNI and Surakarta City Government can also be a reference and strategic step to make BNI as “One Stop Banking Solution” for regional government throughout Indonesia. Cross selling program upon all products and financial services of BNI comprehensively is one solution to provide the best service and to fulfill all people’s needs of banking products and services.
?The concept of Surakarta as smart city will not leave the character as a cultural city, so BNI is also committed to preserve cultural heritage among other thing to civilize regional specialties.
In that occasion, BNI was symbolically handed over CSR aid in the form open space improvement that has been an integrated culinary tourism offering Solo culinary specialties called Galabo or Gladag Langen Bogan as Solo culinary specialties center. BNI support is expected to make Surakarta as a smart city by remain prioritizing Surakarta identity as a cultural city in the past, now and in the future.
For more information, please call :
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Phone: 021-5728387, Email : bni@bni.co.id